Artikel ini ditulis 9 jam menjelang pergantian tahun 2024. Ahad 31 Desember 2023 didepan personal computer ruang kantor Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)  awak coba me refleksi  singkat perjalanan hidup dan kehidupan setahun silam.

Kehidupan bernuansa Agama Islam, berkeluarga, kehidupan bersosial  media dan kehidupan lainnya berkomunikasi dengan sesama makhluk. Alhamdulillah bersyukur nikmat Iman Islam dan Kesehatan menyertai gerak hidup diantara segala macam peristiwa.

Wujud rasa syukur itu berlebih lebih bersebab masih diberikan kekuatan oleh Allah SWT mengikuti Sunah Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Berupaya berbuat kebaikan dan kebajikan sesuai kemampuan keluarga.

Bisa jadi sedekah setiap hari tanpa pandang pandang  kami rasakan banyak sekali manfaat bagi ketenangan dan kedamaian keluarga.  Cara sederhana selalu mengisi kotak amal di rumah dengan uang agar bisa bersegera memberi bantuan kepada saudara dhuafa atau siapa saja membutuhkan.

InshaAllah kebiasaan ini meneruskan amanah Ayahanda Haji Dahlan bin Affan (Alm) dan Ibunda Hj Kamsiah binti Sutan Mahmud (Almh).  Disamping itu spesial Hari Jum’at penuh keberkahan kami sekeluarga menyiapkan sedekah dalam bentuk makanan melalui beberapa sahabat dan ke masjid.

Beberapa resolusi 2023 tercapai atas seizin Allah SWT terutama di bidang literasi. Menulis di website terbitkanbukugratis.id dan menerbitkan buku sahabat pengarang YPTD memang tidak sebanyak tahun tahun lalu. Mudah mudahan tahun 2024 semangat literasi bisa terus ditingkatkan dengan cara melakukkan komunikasi informasi dan edukasi intens antara sesama pegiat literasi.

Bersama Isteri tahun 2023  kami pensiun mengajar.  Perubahan regulasi tempat mengajar menyebabkan tugas sebagai Dosen berakhir setelah mengabdi lebih 30 tahun.  Sebenarnya pensiun ke – 2 sudah melewati batas maksimal mendidik di bidang kewiraan dan kesehatan

Alhamdulillah kini kosentrasi dirumah menikmati waktu luang untuk mengurusi flora dan fauna. Bercocok tanam tanaman produktif dan tanaman hias.  Memupuk menyiangi dan segala macam kegiatan agar tanaman tumbuh subur dan berbuah. Demikian pula fauna burung, ikan, kucing dan sejenis binatang lain menjadi perhatian harian agar makhluk itu terlayani.

Bidang kesehatan kami sekeluarga bersyukur memaksimalkan nikmat ini untuk sebanyak mungkin berbuat kebajikan bermanfaat bagi sesama.

Mengatur pola makan dan rutin olahraga Alhamdulillah berat badan turun 12 kg. Resolusi 2024 inshaAllah 70 kg. Bertahap pelan pelan saja agar tetap bisa menikmati diet Karbo Hidrat.

3 kali wisata keluar kota bersama keluarga. Palembang Jogyakarta dan Padang Bukittinggi. Silaturahmi dengan komunitas Alumni, sahabat Literasi Dahlan Iskan dan pulang kampung basuo sanak saudara .

Menjamu teman teman dirumah sebagai shahibul bayt. Keluarga besar Petokayo dan Alumni Akper Jabodetabek dan beberapa kunjungan sahabat Literasi. Kami sekeluarga belajar memuliakan para tetamu sesuai kemampuan dan keterbatasan.

Resolusi 2024 melanjutkan harapan yang belum tercapai dan menguatkan memantapkan hasil terdahulu agar semakin permanen di kehidupan keseharian.

InshaAllah kali ini seluruh resolusi didasarkan ke 6 tuntunan sebagai berikut

1. Yakin terhadap kalimah Syahadat

2. Shalat khusyu dan Khudu

3. Dzikir

4. Ikramul Muslimin

5. Meluruskan niat

6. Dakwah dan Tabligh.

InshaAllah Rukun Iman dan Rukun Islam semakin dikuatkan dalam kesadaran hati sanubari ketika berkomunikasi dan kegiatan keseharian.

Demikian Resolusi 2024. Angka dalam bentuk target ditanamkan dalam hati sebagai penyemangat menggapai redha Allah SWT.

  • Salamsalaman
  • TD

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar