Mustika Kembang Johar, Batu Pertama Yang Dibeli Dari Lapak Online

Gaya Hidup0 Dilihat

 

Di tahun 2017 saat boming batu akik mereda, saya justru tertarik untuk mengoleksi batu akik. Sebelumnya saya sudah memiliki beberapa batu akik dan saya mulai berkeinginan untuk menambah jumlah batu akik yang saya miliki.

Meskipun pasaran batu akik mulai turun namun harga harga dari berbagai jenis batu akik yang masih dicari kolektor masih tetap tinggi baik di pasar batu akik di penjualan langsung seperti di pasar Rawa Bening Jatinegara maupun di pasar online.

Suatu kali selagi santai, saya melihat lihat batu akik di beberapa lapak online. Kemudian pandangan saya tertuju pada salah satu lapak yang menjual batu cincin Mustika Kembang Johar. Batu akik ini terlihat indah, berwarna kuning kunyit seperti warna dari lambang salah satu Partai besar di Indonesia. Harganya tak terlalu mahal dan bahkan terbilang murah untuk batu akik sebagus ini. Bisa jadi pelapak yang jual batu akik ini lagi BU alias butu uang.

Batu cincin Mustika Kembang Johar yang dijual di lapak online tersebut akhirnya saya beli. Dan dua hari berselang, batu cincin Mustika Kembang Johar sudah jadi milik saya. Batu Mustika Kembang Johar ternyata tembus saat tersorot lampu senter dari HP saya. Dan yang membuat saya surprise adalah dimensi batu cincin Mustika Kembang Johar tidak seperti yang saya baca di lapak online yaitu berdimensi 20 mm x 15 mm melainkan berdimensi 24 mm x 18 mm. Alhamdulillah ..

Setelah menjadi milik saya, batu Mustika Kembang Johar selalu saya rawat dengan baik salah satunya dengan mengolesi dengan minyak zaitun. Dan setelah berjalan hampur tiga tahun nampaknya terjadi perubahan warna yang cukup signifikan dari batu Mustika Kembang Johar milik saya ini. Warna kuningnya semakin pekat dan dari sisi bawahnya mulai muncul warna kehijauan.

Menurut cerita tang saya ketahui bahwa batu Mustika Kembang Johar asal daerah Cirebon merupakan batu akik unggulan. Batu akik ini bahkan menurut sejumlah pedagang batu akik di Cirebon begitu diburu kolektor batu dari dalam maupun luar negeri.

Namun saat ini keberadaan batu Mustika Kembang Johar ini tergolong langka. Jarang ada batu dengan warna kuning menyala ini tersedia di lapak-lapak penjual batu. Lagipula, bukan urusan batu semata, banyak yang percaya soal klenik tentang batu ini.

Menurut kabarnya, batu Kembang Johar atau banyak orang menyebutnya dengan Mustika Kembang Johar biasanya ada di wilayah perbatasan antara Cirebon dan Indramayu dan lokasinya di persawahan warga salah satunya di daerahdi Gunung Jati dan daerah Plagon. Namun bongkahan yang ada biasanya tinggal yang kecil-kecil sehingga batunya jarang alias langka.

Batu Mustika Kembang Johar dalam bahasa Cirebon disebut Batu Mentaos dan nama Kembang Johar diambil karena warnanya mirip Kembang Johar, pohon sejenis Abasia yang berwarna kuning.

Menurut para ahli batu akik bahwa batu Mustika Kembang Johar memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung usianya. Semakin tua maka nilai jualnya akan semakin mahal bahkan bisa dijual hingga puluhan juta rupiah.

Terdapat 5 tingkat terjadinya perubahan warna dari batu Mustika Kembang Johar yaitu

Tingkat 1 : Batu Mustika Kembang Johar dengan usia muda dengan ciri-ciri batu tembus senter (plong) dengan warna kuning kunyit cerah.

Tingkat 2 : Batu Mustika Kembang Johar yang usianya lebih tua dari tingkat 1 dimana jika disenter sudah mulai pekat alias tidak tembus senter di beberapa bagian batu. Ada perubahan warna yakni kuning yang lebih mencolok warnanya ataupun bercampur dengan warna hijau. Jadi memang berbeda dengan batu bacan yang makin tembus senter maka nilai jualnya semakin mahal.

Tingkat 3 : Batu Mustika Kembang Johar yang usianya lebih tua dari tingkat 2 biasanya makin tidak tembus senter dan warnanya sudah kuning bercampur orange.

Tingkat 4 : Batu Mustika Kembang Johar yang usianya lebih tua dari tingkat 3, biasanya warnanya sudah mulai banyak orange.

Tingkat 5 : Batu Mustika Kembang Johar yang usianya sudah sangat tua dengan warna menjadi merah orange pekat.

Melihat dari tingkatan perubahan batu Mustika Kembang Johar tersebut di atas maka batu Mustika Kembang Johar milik saya tergolong masuk ke tingkat 2. Dan nampaknya masih cukup lama untuk masuk ke tingkat 3.

Harus sabar menanti dan mudah mudahan saya masih diberi umur ..

NH

Depok, 6 November 2020

Tinggalkan Balasan