Ke Surabaya, Ke Bonbin Yuk

KMAB, Terbaru, Wisata63 Dilihat


Kalau ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika tak ke Plaza Tunjungan dan ke Bonbin. Dua tempat ini dari dulu terkenal dan sepertinya juga masih populer hingga saat ini.

Tapi kali ini aku hanya ingin cerita tentang bonbin alias kebon binatang. Ada juga yang meningkatnya menjadi KBS alias Kebun Binatang Surabaya.

Lokasi Bonbin ini ada di tengah-tengah. Tak jauh dari terminal angkutan.

Dulu waktu aku kuliah aku sering ke Bonbin sendirian. Entahlah mungkin karena tempatnya asri, atau mungkin karena aku sejak dulu suka akan binatang Pemicunya juga ada satu lagi, yakni kabar hewan yang diperlakukan kurang layak di sana.

Memang dulu yang paling menyedihkan adalah kandang burung dan rusa karena tak sebanding dengan jumlah hewan yang ada di sana. Lalu aku juga pernah lihat gajah yang dirantai. Mungkin karena sakit atau entah kenapa. Lalu kandang beberapa hewan juga nampaknya sempit.

Tapi pada libur lebaran lalu aku menyaksikan perubahan. Bonbin nampak jauh berubah. Lebih rapi dan lebih asri. Kandang-kandangnya juga lebih lapang. Ada jogging track juga. Untuk tiketnya, harganya tidak mahal, yakni Rp 15 ribu rupiah.

kbs
Kebun Binatang Surabaya kini ada jogging track-nya


Tidak semua lokasi bisa kukunjungi karena keterbatasan waktu. Kami sudah kesorean ke sana sementara kebun binatang Surabaya sendiri amat luas.

Kami hanya singgah ke kandang Jerapah, monyet, buaya, burung-burung, dan keluarga dari berang-berang. Mungkin suatu ketika aku ke sana lagi.

Tinggalkan Balasan