Malang dan Obyek Wisatanya yang Kaya

Sebagai Arema alias arek Malang, aku bakal dengan senang hati bercerita tentang potensi wisata yang dimiliki kampung halamanku. Oh iya tulisan ini bukan tulisan baru. Melainkan tulisan yang sebagian besar isinya pernah kutulis dan kuungah di blog pribadiku, dewipuspasari.net

Di kota Malang, ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, tinggal disesuaikan dengan minat wisatawan, apakah lebih suka wisata sejarah, wisata alam yang memacu adrenalin, wisata kota, ataukah wisata buatan yang instagramable. Wisata ini tidak semuanya berbayar, ada juga yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Dulu wisata kota Malang dan sekitarnya tidak banyak dilirik, pelancongnya dulu rata-rata berasal dari Surabaya dan sekitarnya. Baru kemudian setelah ada berbagai acara yang mengulas wisata Malang juga film yang berlatarkan keindahan Gunung Bromo dan Gunung Semeru, maka Malang menjadi sasaran wisatawan lokal. Setiap libur panjang, Malang pun menjadi incaran para wisatawan.

Bagi pecinta sejarah, maka mereka bisa puas menikmati situs bersejarah di Malang dan sekitarnya. Di dalam kota sendiri terdapat Candi Badhut yang didirikan pada masa Kerajaan Gajayana. Di daerah Tumpang terdapat dua candi, Candi Jago dan Candi Kidal yang merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Kedua candi ini terawat dengan baik.

Situs bersejarah lainnya adalah Pemandian Ken Dedes, arca besar Dwarapala, Candi Singosari, dan Candi Sumberawan yang terletak di daerah yang sejuk dan damai. Jika wisatawan menginginkan untuk menambah wawasan sejarah sekaligus menikmati keindahan alam maka menurutku Candi Sumberawan adalah sebuah situs bak surga yang tersembunyi.

Tempat ini cocok untuk bermeditasi atau sekedar merenung, menikmati keindahan candi berbentuk stupa di tempat yang rindang dan kaya sumber air.

Masih serangkaian dengan wisata sejarah, jika di Jakarta ada Kota Tua, Malang juga punya kawasan kota tua, dimulai dari kawasan Pecinan, kemudian Alun-alun dengan Masjid Jami dan Gereja yang telah berusia tua, kemudian stasiun yang masih mempertahankan bagian yang kuno.

Wisata Kota Cuma-cuma
Wisata Kota Tua ala Malang merupakan salah satu wisata yang tak berbayar. Selanjutnya wisatawan dapat berfoto-foto di Alun-alun Kota Malang yang sekarang makin cantik. Alun-alun Bundher dengan tugu dan tamannya juga bisa dipilih sebagai wisata kota yang murah meriah.

Wisata kota lainnya yang murah meriah adalah menghirup udara segar di Hutan Kota Malabar. Bagi yang gemar membaca buku bisa memuaskan hobinya dengan membaca di Taman Bacaan seberang Stasiun Kota Baru atau menuju perpustakaan kota.

Wisata Alam yang Indah dan Memuaskan Panca Indera
Kota Malang dianugerahi keindahan alam berkat bentang alamnya yang komplet, dari pegunungan hingga pantai.

Bagi yang suka menikmati hawa segar pegunungan maka bisa menyesapi keindahan Gunung Bromo lengkap dengan padang pasir berbisiknya dan Bukit Teletubbies. Gunung Bromo sampai saat ini merupakan tujuan wisata favorit. Pada saat low season maka berwisata ke Gunung Bromo benar-benar menyenangkan. Berasa di negeri para Dewa. Begitu pula jika memutuskan untuk mendaki Gunung Semeru.

Kawasan dataran tinggi yang indah lainnya adalah aneka Coban, seperti Coban Randa, Coban Talun, dan Coban Pelangi. Juga ada Bukit Panderman, Kebun Raya Purwodadi. dan Wisata Kebun Teh yang sejuk dan berpanorama menawan. Memang sih tidak di kotanya melainkan di Kabupaten Malang dan Batu

Yang suka bermain air bisa berkunjung ke bagian Malang Selatan. Di sana ada beragam pantau yang memukau. Ada Sendang Biru, Pantai Balekambang, Segara Anakan, Danau Tiga Warna, Ngliyep, Bajul Mati, dan sebagainya. Ketika aku naik di tebing Segara Anakan dan melihat Samudera Indonesia dari atas, aku merasa diriku sangat kecil. Dari tempat ini aku merasa benar-benar kecil dan dunia sekelilingku begitu luas.

 

 



Wisata Buatan yang Hip
Ada banyak wisata buatan yang hip, baik di pusat kota Malang maupun di daerah Batu. Di Batu tempat wisata yang menarik adalah Jatim Park, Batu Night Square, Museum Angkut, Museum Satwa, dan masih banyak lagi. Di kota Malang juga ada banyak pemandian seperti Tlogo Mas dan wisata Lampion atau Malang Night Paradise. Oh iya juga ada wisata dinosaurus.

Nah, itulah potensi wisata yang ada di kampung halamanku. Hemmm jadi pengin main-main ke sana.

Semua gambar dokumen pribadi

Tinggalkan Balasan

News Feed