Mari Kita Bicara Tentang Madura: Nasi Jagung

KMAB, Kuliner, Terbaru85 Dilihat



Dulu nasi jagung dianggap makanan kelas dua tapi kini nasi jagung banyak dicari karena masakan ini lebih menyehatkan dan kaya vitamin juga mineral. Menu nasi jagung ini di Jawa Timur banyak dipopulerkan oleh orang Madura.

Kenapa disebut nasi jagung? Oleh karena bahan utamanya adalah jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung pipil yang tua dan kering. Jagung ini lalu dicampur dengan sedikit beras dan ditanak. Ketika ditanak, harum beras bercampur dengan jagung akan mengeluarkan aroma harum yang membuat perut keroncongan.

Di Madura karena lahan sebagian daerahnya kering memang banyak ditanam jagung. Selain itu sebagian warganya menganggap beras itu mahal, sehingga mereka banyak mengonsumsi nasi jagung.

Nasi jagung memiliki aroma yang harum, tekstur yang lebih berserat, dan guratan rasa manis. Ia cocok dipadupadankan dengan sayuran seperti urap-urap dan atau dalam bentuk tumisan, misalnya tumis kacang panjang. Sebagai teman nasi jagung juga bisa berupa ikan asin, sambal merah, orek tempe, dan lainnya.

Nasi jagung
Nasi jagung ini kemudian menyebar keberadaannya. Tak hanya di Madura dan Jawa Timur, nasi jagung juga bisa ditemui di beberapa daerah di Jawa Tengah dan NTT.

Coba deh sesekali nasi jagung. Kalian akan menyukainya.

Gambar dari Madura Production dan Detik Food

Tinggalkan Balasan