Yang Menarik dari Gresik

KMAB, Terbaru, Wisata9 Dilihat



Baru sekali aku ke Gresik. Itupun ketika ada sebuah pelatihan saat aku masih berstatus mahasiswa di kota yang terkenal panas terik. Yang kutahu ada banyak hal menarik tentang Gresik.

Saat itu di tengah pelatihan, kami diajak ke sebuah padepokan. Seperti sebuah pesantren, namun sepertinya masih konvensional. Kami berbincang-bincang dengan kiai di sana. Di sebuah tempat yang sejuk dan mendamaikan. Itu sebuah kenangan yang berkesan.

Gresik bukan hanya pabrik penghasil semen terkenal. Gresik sejak dulu juga dikenal sebagai kota santri di mana dua wali menyebarkan agama Islam di daerah ini. Ia adalah Sunan Maulana Malik Ibrahim yang lebih dikenal sebagai Sunan Gresik. Selain Sunan Gresik, juga ada Sunan Giri yang merupakan murid dari Sunan Ampel.

Nama Gresik berasal dari nama Giri Gresik menurut Raffles, yang artinya gunung di tepi pantai. Namun sejatinya sebagian besar wilayah Gresik merupakan daratan rendah.

Bawean
Pulau Bawean rumahnya rusa Bawean (sumber gambar: surya)
Malam Sunan Gresik
Malam Sunan Gresik banyak dikunjungi peziarah (sumber gambar: disparbud Gresik)

Nah, ada alasan kenapa Gresik dikenal sebagai penghasil semen. Hal ini dikarenakan daerah Gresik sebagian merupakan tanah kapur yang tandus. Seperti kita ketahui kapur merupakan bahan baku dari pembuatan semen.

Wisatanya Apa Saja? 
Masih banyak hal menarik tentang Gresik. Kita sebut saja Pulau Bawean. Pulau yang dikenal sebagai rumah rusa langka ini bukan masuk Madura, melainkan Gresik. Sehingga fauna resmi Gresik adalah rusa Bawean.

Jika ke Gresik, kalian bisa berziarah ke dua makam wali. Kalian juga bisa berwisata ke suaka alam Pulau Bawean, bermain air di Pantai Delegan dan Banyu Biru Lowayu, atau bersantap durian dan buah sepuasnya di King Goval Farm Kebongagung.

Tentang Kuliner
Untuk makanan, yang khas Gresik adalah pudak dan nasi krawu. Ini makanan enak banget. Kalau kawanku pulang kampung ke Gresik, dulu suka bawakan makanan ini.

Pudak itu seperti bahan kulit nagasari tapi tanpa isian. Makanan ini terbuat dari tepung beras, gula, dan santan. Rasanya gurih legit. Pudak menggunakan pelepah pinang untuk bungkusnya.

Sedangkan nasi krawu Gresik adalah nasi berbungkus daun pisang. Di dalamnya ada suwiran daging sapi berbumbu yang nikmat.

Ehm jadi ingin makan nasi krawu Gresik. Enak… Enak.. Enak.

Gambar pudak dari Disparbud Gresik

Tinggalkan Balasan