Kewajiban Saya Sebagai Warga Negara Indonesia

Nama : Putri Ayu Nur Rohmah

kelas  : 1’A

NIM   : 20028

                      Saya Cinta Indonesia

         Hi, teman-teman pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak “Maju mundur suatu Bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”?. Taukah kamu yang dimaksud dengan tanggung jawab?  Menurut KBBI tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain. Oleh karena itu tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

          Mengapa kita perlu memiliki sikap tanggung jawab?  Kita hidup di dunia ini ,memiliki tanngung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap Tuhan YME, diri sendiri, masyarakat, juga tanggung jawab terhadap negara. Tanggung jawab kita terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukanhak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warg negara harus sesuai dengan  UUD 45.

          Apa saja tanggung jawab warga negarav indonesia? Warga negara Indonesia, antara lain  mempunyai tanggung jawab untuk  memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Warga negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa  agar tidak terpecah belah.

          Tanggung jawab kita sebagai waarga negara indonesia juga dengan cara memaki bahasa indinesia dalam kehidupan sehari-hari. Di dunia modern sekarang banyak anak milenial yang enggan ,menggunakan bahsa indonesia karena dia memiliki bahasanya sendiri misalnya, sans,gaskeun,selow dll. Ada juga yanag dalam kesehariannya menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris memang penting, tapi kita harus tahu pentingnya itu dalam hal apa. Kalo untuk kehidupan sehari-hari ya lebih baik pakai bahsa indonesia.

          Di era sekrang masyarakat Indonesia khususnya anak milenial lebih cibta produk luar negeri. Mereka berbondong-bondong beli pakaian brand luar negeri apa lagi yang limited edision. Khususnya buat selebgram mereka kalo beli pakai brand luar di pasar senin. Karena apa? Karena harganya murah. 20 ribu aja udah dapat brand yang bagus. Mereka lebih percaya diri memakai pakian dari luar ketimbang pakai produk dalam negeri.

             Soal musik. Kalian cinta tidak musik tradisional  Indonesia? Sekarng di kalangan milenial lagi booming nya k-pop. Contohnya BTS, blak pink dll. Meraka bukannya melestarikan musik tradisional Indonesia malah sebaliknya mereka melestarikan muusik luar. Selain itu mereka juga musik barat. Contohnya lady gaga, katy parry dll. Soal alam, kebanyakan orang kalangan atas suka berlibur ke luar negeri keetimbang di dalam negeri. Padahal alam di Indonesia bagus-bagus, cantik-cantik. Harusnya kita perkenalkan ke orang-orang luar bukan malah sebaliknyaa.

             Taukah kalian tarian di Indonesia apa saja? Pastinya banyak yang tidak tahu . Karena mereka enggan mempelajari tarian-tarian dalam negeri. Mereka lebih suka dance. Padahal banyak  warga asing yang copas tarian Indonesia. Tapi kenapa kita sebagai warga Indonesia enggan untuk me;estarikannya? Harusnya kita tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki ragam suku budaya yang  berbeda-beda, tarian tradisionalnya,musik tradisionalnya. Hatusnya kita sebagai geenerasi penerus bangsa melestarikannya. Mencintai produk dalam negeri,mencintai bahasa indonesia, mencinta musuk dan tarian ibdonesia. Indonesia harus menjadi negera maju.

             Kita harus cinta tanah air dengan cara giat belajar, meneruskan perjuangan pahkawan kita. Pahlawan kita mati-matian memerdekakan Indonesia tapi setelah merdeka kita malah gini. Kita harus bisa menjadikan Indonesia sebagai Negara maju. Indonesia butuh orang jujur. Banyak orang pintar tapi tidak mau jujur. Kita cinta Indonesia. Kita harus bisa maju. Semangat buat Indonesia. Di Indonesia lah kita kahir, di Indonesia lah kita sukses, dan di Indonesia juga kita mati. Semoga kedepannya Indonesia jauh lebih baik lagi.

Demikian penjelasan dari Saya mengenai “Kewajiban Saya Sebagi Warga Negara Indonesia”. Apabila ada salah kata dan penulisan mohon untuk di maklumi. L’arena kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan milik manusia khususnya Saya hehe. Terima Kasih.

Saya Putri Ayu Nur Rohmah Cinta Indonesia. Jaya Terus Bangsaku. NKRI HARGA MATI.

Tinggalkan Balasan