oleh

1.1 Pembelajaran Efektif

Setiap guru tentu menginginkan materi yang disampaikannya kepada siswa dapat diterima dengan mudah. Maka satu caranya adalah melalui pembelajaran yang efektif.

Apa sih pembelajaran yang efektif tersebut? banyak para pakar pendidikan menyebutkan definisinya. Salah satunya adalah menurut Usman (2012:12) bahwa “pembelajaran adalah inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu”.

Sedangkan menurut Wragg (2012:12), pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama, atau suatu hasil belajar yang diinginkan.

Jadi yang dimaksud dengan pembelajaran efektif itu adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa serta adanya proses timbal balik atau interaksi yang baik antara guru dan siswa. Sebaiknya pembelajaran yang efektif lebih menitik beratkan kepada pembelajaran siswa aktif.

Selain itu, pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang lebih menitik beratkan kepada proses pembelajaran tanpa mengurangi keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut.

Pelaihari, 3 Oktober 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed