Rapor Shin Tae-yong Dalam Membesut Timnas Senior

Indonesia head coach, Shin Tae Yong (R) congratulates Irfan Samaling Kumi after scoring the second goal during the AFF Suzuki Cup 2020 Group B match between Malaysia and Indonesia at National Stadium on December 19, 2021 in Singapore.
(Photo by Suhaimi Abdullah/NurPhoto) (Photo by Suhaimi Abdullah / NurPhoto / NurPhoto via AFP)

Shin Tae-yong, ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember tahun 2019, saat itu Timnas Indonesia berada di posisi 173 peringkat dunia FIFA. Sejak itu Shin Tae-yong mulai bekerja menangani Timnas Indonesia dari berbagai kelompok usia sampai Timnas Senior.

Dalam tulisan ini saya hanya mengulas kinerja atau hasil besutannya terhadap Timnas Senior saja, sejak dia mengambil alih dari pelatih sebelumnya Simon McMenemy. Dalam mengukur kinerja Shin Tae-yong, alat ukur yang saya gunakan adalah hasil-hasil pertandingan Timnas Senior sejak dia tangani dan perubahan posisi peringkat dunia FIFA.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Senior Indonesia mengalami kegagalan dalam putaran kedua kualifikasi Grup G Asia Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia mengakhiri kiprahnya pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G dengan reputasi tidak pernah menang. Indonesia jadi juru kunci dengan raihan satu poin, hasil dari satu kali draw dan tujuh kali kalah.

Lima dari tujuh kekalahan Timnas Indonesia terjadi saat masih ditangani oleh Simon McMenemy. Sementara saat ditangani oleh Shin Tae-yong, hasilnya sudah sedikit lebih baik dengan rekor dua kali kalah dan satu kali draw. Dari data ini rapor Shin Tae-yong sudah lebih baik dari Simon McMenemy dengan kinerja 11% (satu kali draw dan dua kali kalah dari tiga pertandingan).

Hasil Play-off Kualifikasi Piala Asia

Akibat kegagalan dalam putaran kedua kualifikasi Grup G Asia Piala Dunia 2022 tersebut, Timnas Indonesia harus merangkak lagi melalui babak Play-off melawan Taiwan. Partai play-off kualifikasi Piala Asia 2023 digelar dalam dua leg. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Indonesia berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor tipis 2-1 di leg pertama dan skor telak 3-0 di leg kedua.

Dua kemenangan tersebut memastikan Timnas Indonesia yang dijuluki Garuda, lolos dari play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil ini mengantarkan Garuda lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Dari data ini rapor Shin Tae-yong sudah semakin baik dengan kinerja 100% (dua kali menang dari dua pertandingan).

Hasil Piala AFF 2020

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Senior Indonesia secara spektakuler berhasil mengakhiri babak penyisihan sebagai juara grup B Piala AFF 2020 tanpa terkalahkan. Reputasi Timnas Indonesia di babak penyisihan adalah tiga kali menang dan satu kali draw.

Di babak semifinal Indonesia berhasil menyingkirkan Singapura dengan hasil draw 1-1 di leg pertama dan menang 4-2 di leg kedua. Terakhir di babak final Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan hasil kalah 0-4 di leg pertama dan draw 2-2 di leg kedua. Dari data ini rapor Shin Tae-yong masih baik dengan kinerja 63% (empat kali menang, tiga kali draw dan hanya satu kali kalah dari delapan pertandingan).

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023

Dalam gelaran kegiatan sepakbola paling bergengsi di Asia ini, Indonesia berhasil menempatkan tim terbaiknya yang masuk dalam putaran final. Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah melewati babak ketiga kualifikasi. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Senior Indonesia secara spektakuler berhasil mengakhiri babak penyisihan sebagai runner up grup A kualifikasi Piala Asia 2023 putaran ketiga.

Indonesia lolos sebagai runner up terbaik dengan reputasi di babak penyisihan adalah dua kali menang dan satu kali kalah. Hasil ini mengantarkan Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Dari data ini rapor Shin Tae-yong semakin baik dengan kinerja 67% (dua kali menang dan satu kali kalah dari tiga pertandingan).

Hasil Piala AFF 2022

Dalam gelaran kegiatan sepakbola paling bergengsi di Asia Tenggara ini, Timnas Senior Indonesia berhasil mengakhiri babak penyisihan sebagai runner up grup A Piala AFF 2022 tanpa terkalahkan. Reputasi Timnas Indonesia di babak penyisihan adalah tiga kali menang dan satu kali draw. Di babak semifinal Indonesia gagal menyingkirkan Vietnam dengan hasil draw 0-0 di leg pertama dan kalah 0-2 di leg kedua. Dari data ini rapor Shin Tae-yong masih cukup baik dengan kinerja 61% (tiga kali menang, dua kali draw dan hanya satu kali kalah dari enam pertandingan).

Hasil Lainnya

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Senior Indonesia sempat melakukan sembilan partai uji coba. Hasil yang diraih dari uji coba tersebut adalah dua kali takluk dari Afghanistan dengan skor tipis 2-3 di uji coba pertama dan 0-1 di uji coba kedua, takluk dari Oman dengan skor 1-3, menang telak atas Myanmar dengan skor 4-1, dua kali menang telak atas Timor Leste dengan skor 4-1 di uji coba pertama dan 3-0 di uji coba kedua, seri 0-0 melawan Bangladesh dan dua kali menang atas Curacao dengan skor tipis 3-2 di uji coba pertama dan 2-1 di uji coba kedua. Dari data ini rapor Shin Tae-yong masih baik dengan kinerja 67% (lima kali menang, satu kali seri, dan tiga kali kalah dari tujuh pertandingan).

Atas hasil-hasil tersebut, saat ini Timnas Indonesia berada di posisi 151 peringkat dunia FIFA (berdasarkan data yang di update 22/12/2022). Menurut saya rapor Shin Tae-yong selama membesut Timnas Senior Indonesia sudah cukup baik dengan kinerja 59% (16 kali menang, 7 kali draw, dan 8 kali kalah dari 31 pertandingan). Di samping itu, Shin Tae-yong juga mampu mendongkrak peringkat dunia FIFA Timnas Senior Indonesia 22 tingkat, dari posisi 173 ke posisi 151.

Jadi, biarkanlah Shin Tae-yong melanjutkan agendanya menukangi Timnas Indonesia. Timnas U20 Indonesia saat ini sedang berjuang di putaran final Piala Asia U20 2023 di Uzbekistan. Bulan Mei yang akan datang Timnas U20 kembali berjuang di putaran final Piala Dunia U20 FIFA 2023 di Indonesia. Dan di awal tahun depan, Timnas Senior Indonesia akan berjuang di putaran final Piala Asia 2023 di Qatar. Semoga di tangan Shin Tae-yong untuk urusan kepelatihan dan Erick Thohir untuk urusan organisasi, sepak bola Indonesia mampu meraih masa kejayaan.

Tinggalkan Balasan