BERONOK

Beronok makan khas daerah pesisir

Beronok adalah makanan laut yang sangat enak. Rasanya kenayal-kenyal. Beronok bentuknya lonjong. Beronok hidup di daerah pesisir laut yang berlumpur dan dangkal. Tidak semua orang pesisir suka makan beronok. Beronok juga mempunyai dua jenis ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna kecoklatan. Beronok makanannya hanya lumpur dan didalam tubuhnya ada air ketika kita membelah tubuhnya. Untuk mencari beronok sebagai santapan kita,kita harus berenang dan masuk kedalam lumpur ketika air laut sebatas pinggang. Mencari beronok kita merasakan menggunakan kaki,setelah itu baru kita menyelamnya untuk diambil menggunakan tangan. Ketika menggambil atau menyelam beronok kita juga harus berhati-hati,karena di lumpur banyak hewan laut yang berbisa seperti ikan pari,sembilang,lepu dan lainnya,karena ikan tersebut mempunyai bisa yang luar biasa bila terkena anaggota tubuh kita,yang biasanya kami sebut (sengat) bentuknya tajam seperti jarum.

Keluargaku sangat suka makan beronok. Adapun cara makan beronok dengan cara membelah badan beronok untuk kita bersihkan lumpur dan airnya,kemudian kita iris kecil-kecil.Setelah itu kita bersihkan beberapa kali dengan air untuk menghilangkan lumpurnya. Beronok yang sudah bersih tadi kita edapkan untuk disaring. Penyaringan sudah selesai kita siapkan lada kecil (cabe rawit) untuk kita tumbukkan dengan bawang merah secukupnya,selanjutnya kita peras asam jawa untuk dicampurkan dengan cabe rawit yang sudah kita tumbuk dan masukkan air secukupnya. Campur sedikit garam dan ajinomoto sebagai penyedap rasa,sehingga ketika kita makan beronok lidah terasa bergoyang.

Kasiat beronok manfaatnya sangat besar bagi kita. Tenaga kita menjadi kuat dan disaat kita makan beronok keluar keringat karena kepedasan. Beronok juga bisa kita makan lansung jika sudah bersih walupun tidak menggunakan penyedap rasa lainnya. Jika aku pulang ke kampung halaman ku di Tebing Desa Sanglar Kevamatan Durai Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,aku seringkali mncari beronok bersama saudara-saudaraku. Berkumpul bersama-sama makan beronok sangat asyik sekali.

Jika saudara-saudaraku datang ke kampung halamanku jangan lupa ya ? Makan beronok. Pasti enak.

 

Sanglar,29 Agustus 2023

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan