Celoteh Anak Pesisir Pulau ” RAJA PMM “

Pelatihan Mandiri di Platfrom Merdeka Mengajar " Raja PMM "

Pada awal pertama peluncuran Pelatihan Mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar saya sebagai kepala sekolah terus melakukan perubahan di Satuan Pendidikan. Semua yang menyangkut kompetensi pendidik,tenaga kependidikan dan juga murid dalam memanfaatkan belajar.id untuk belajar bersama-sama juga berkarya bersama-sama untuk berbagi

praktik baik tentang Kurikulum Merdeka. Komunitas Kelompok Belajar kami aktifkan sebagai salah satu wadah untuk saling berbagi pemahaman tentang Kurikulum Merdeka serta praktik mengajar yang mana berpusat pada murid,bervariasi dan menyenangkan. Semua rekan-rekan majelis guru SD Negeri 010 Kundur Barat giat untuk sama-sama belajar. Menghilangkan rasa ego pada diri masing-masing untuk menjadi sebuah ikatan yang kuat untuk berubah yang mana sesuai dengan zamanya murid. Saya sebagai kepala sekolah terus memberikan motivasi kepada teman-teman pendidik untuk ikut CGP, dan alhamdulillah dari delapan pendidik dua sudah lulus mengikuti pendidikan CGP. CGP yang sudah lulus atas nama Tomi Japaris,S.Pd dan Hendra Setiadi,S.Pd angkatan 6. Cgp tersebut telah banyak memberikan praktik baik pada teman teman sejawat dan satuan pendidikan SD Negeri 010 Kundur Barat.

Berbagi praktik baik,baik itu tentang pembelajaran yang menarik di kelas berpusat pada murid dan lainnya yang menyangkut tentang Kurikulum Merdeka. Dengan seringnya berbagi praktik baik dalam komunitas kecil di satuan pendidikan kami,kami melihat ada perubahan yang sangat luar biasa. Berlomba-lomaba untuk maju dan berubah saling berbagi dalam skala positif untuk berubah bersama-sama.

Disaat Kemendikbudristek meluncurkan Pelatihan Mandiri di PMM,saya sebagai kepala sekolah segera berubah memberikan penguatan motivasi pada diri saya sendiri untuk belajar secara mandiri dan saya kembangkan,sebarkan pemahaman di setiap topik kepada rekan-rekan majelis guru bahkan pada Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang berada di wilaya Kabupaten Karimun. Saya merasa sangat bangga pada diri saya dapat berbagi prakti baik pada teman-teman dan kepala sekolah untuk memberikan,menyebarkan pemahaman tentang

kurikulum merdeka dan manfaatnya bagi kepala sekolah,guru,peserta didik dan satuan pendidikan yang saat ini kami bina bersama-sama untuk berubah dan melebar sayapnya.

Pelatihan Mandiri tidak hanya sekadar pelatihan biasa ,akan tetapi setelah kita selesai memahami topik yang kita pelajari hendaknya segera kita

lakukan perubahan dalam aksi nyata yang harus kita implementasikan pada murid dan teman sejawat,sehingga ilmu yang kita pelajari terus mengalir,bermanfaat

tidak hanya untuk satuan pendidikan kita, akan tetapi menyebar pemahaman tersebut secara berantai ke satuan pendidikan lainnya. Dari ilmu yang saya pelajari di Pelatihan Mandiri secara daring dan hari ini saya dapat menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik. ” Dalam belajar tidak ada kata terlambat dan tidak tau (tidak paham) “. Semua pendidik,murid mempunyai belajar.id masing-masing,tinggal kita sendiri memperkuatkan keyakinan diri ,mau atau tidaknya kita berubah demi anak-anak Negeri ini.

Berawal dicetusnya Pelatihan Mandiri di PMM akhirnya saya mendapat julukan dari senior saya Kakanda ISTIQOMAH,S.Pd Kepala Sekolah  002 Meral Kabupaten Karimun Pr0vinsi Kepulauan Riau. Julukan ini saya terima ketika saya bersalaman dengan Kakanda ISTIQOMAH,S.Pd di acara KEMSAR (Kemah Besar Kegiatan Pramuka) di Kwaran Meral. Saya merasa sangat senang dan gembira. Banyak sekali teman-teman kepala sekolah juga guru bertanya kepada saya bagaimana caranya secepat itu menyelesaikan aksi nyatanya tentang Pelatihan Mandiri di PMM.

Seandainya teman-teman baik kepala sekolah maupun guru yang rajin memanfaatkan belajar.id melalui pelatihan mandiri maka ia akan tau apa isinya. Aplikasi tersebut mempunyai beberapa bagian,yaitu :

  • Tentang Kurikulum Merdeka (Pengenalan Kurikulum Merdeka)
  • Pengumuman dan Jadwal Terkini (Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka)
  • Kegiatan Belajar Mengajar ( Asesmen Murid,Perangkat Ajar dan Capaian Pembelajaran (CP),dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  • Pengembangan diri ( Pelatihan Mandiri,Komunitas,Seleksi Kepala Sekolah,LMS,Refleksi Kompetensi yang baru di rilis )
  • Mencari dan berbagi Inspirasi (Vidio Inspirasi dan Bukti Karya)

Sangat rugi jika kita tidak mau belajar,mau berubah untuk memanfaatkan Pelatihan Mandiri di PMM. Dari hasil kerja keras saya dan ketekunan serta keyakinan, dan menghilangkan rasa ego,malas pada diri saya ,akhirnya saya mampu menyelesaikan 43 Topik Pelatihan Mandiri di PMM. Hasil dari belajar secra mandiri terus menerus saya kembangkan dan saya sebagai kepala sekolah terus menerus memberikan penguatan pada teman-teman yang lainnya ” Ayo kita belajar bersama-sama dan slaing berbagi praktik baik tentang Kurikulum Merdeka termasuk Pelatihan Mandiri “. Semua kita sibuk dengan kerjaan kita masing-masing namun sesibuk apapun kita tentu ada luang waktu untuk kita belajar mandiri.

Untuk menguatkan diri saya  tentang pelatihan mandiri di PMM jika topiknya tidak selesai disekolah maka saat pulang kerumah saya akan menyelesaikannya dengan segera.

Karena prinsip “Jika saya menunda pekerjaan saya, maka esok akan ada pekerjaan yang baru,maka dari itu saya segerakan menyelesaikannya “. Ayo ibu bapak guru hebat apa yang ada di Pelatihan Mandiri semua itu adalah Ilmu untuk dapat kita pelajari.

Jika sudah kita pelajari dan pahami segeralah kita sebarkan pemahamannya agar menjadi SINAR BAIK untuk kita semuanya dan dapat kita terapkan kepada murid-murid kita,guru-guru kita,juga satuan pendidikan kita sebagi bukti dari aksi nyata kita memahami topik tersebut.

Kita juga tidak boleh patah semangat jika lama di validasi dan melakukan perbaikan. Inilah namanya belajar. Dengan perbaikan PPT atau aksi nyatanya serta umpan balik semua itu adalah pembelajaran yang berharga buat diri kita,sehingga kita dapat memperbaikinya menjadi lebih baik.

Ayo segeralah berubah. Mari kita berkarya bersama-sama,mandiri,trampil,inovatif dan dapat memberikan inspiratif untuk semua orang. Ingat sukses itu harus dijemput dan dipelajari kegagalannya,inilah namnya refleksi diri.

Oleh : Raja Zainol Afandi,S.Pd.SD

Celoteh Anak Pesisir Pulau

Gemuruh ,25 September 2023

Tinggalkan Balasan