Kayanya Manfaat Pisang (Bagian Pertama)

Tidak banyak diketahui orang

Sejak dulu pisang dijadikan makanan penutup. Sehabis santap siang atau malam sebuah pisang dimakan sebagai penutup. Karena diyakini pisang memiliki peran menetralisir kolestrol yang berasal dari makanan yang kita makan. Di Rumah Makan Padang selalu menyediakan pisang dimeja makan.

Kebiasaan orang makan pisang setelah siap makan sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu..Apa manfaat makan pisang tidak pernah dijelaskan secara rinci.

Hanya kebanyakan orang mengetahui bila susah BAB makanlah pisang setelah selesai santap siang atau malam.. Bisa membantu untuk memperlancar BAB.

Sewaktu kami tinggal di NSW ,karena halaman belakang cukup luas,maka kami menanam pohon pisang dirumah anak kami.

Awalnya kami beli sebatang anak pohon pisang seharga 40 dollar. Suami menanamnya di pekarangan belakang . Dan tumbuh subur. Dalam wakfu satu tahun sudah berbuah dan berkembang biak. Suami memindahkan anak pohon pisang dari induknya agar tumbuh sempurna dan berbuah lebat. Kelak pohon pisang yang awalnya hanya satu batang menjadi  kira kira 40 pohon pisang di pekarangan tersebut.

Pohon pisang ini amat banyak manfaatnya;

Daunnya:

Daun pisang yang segar bisa dibuat pembungkus  untuk membuat aneka ragam kue Misalnya kue lapek bugi,lempar ,palai bada, pepes ikan dan lain lainnya.

Di kampung halaman kami dulu daun pisang dimanfaatkan untuk membungkus nasi ramas. Caranya: Daun pisang dipanaskan diatas api beberapa detik. Kemudian dilap agar bersih. Daun pisang yang sudah didiang tidak mudah sobek.Nasi yang dibungkus dengan daun pisang akan lebih harum aromanya.

Daun  yang kering bisa digunakan untuk pembungkus kue dan galamai atau kipang kacang

Tandan daun dikeringkan untuk membuat tali. Caranya dibelah sesuai selera dan dijalin untuk dijadikan tali.

Cara menanam pisang.

Bila pisang tumbuh sudah mulai banyak anak pisang disekitar pohon induknya. Gali anak pohon sampai terbawa Umbi berikut akarnya. Bila akar serabut terputus sewaktu menggali tidak masalah. Tapi bila umbinya tidak ikut tergali maka tanaman pisang akan layu sewaktu dipindahkan. Pindahkan ketempat lain,jangan dibiarkan dekat induk pisang. Sebab bila dibiarkan induk pisang tidak bisa menghasilkan buah yang banyak dan besar besar dan anak pohon pisang akan hidup merana. Suami yang sejak dulu hobi berkebun pisang tahu tentang cara memelihara tanaman pisang

Pohon pisang sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus m

Jantung pisang(dok pribadi)
Jantung pisang

Yang dimaksud dengan jantung pisang yaitu bunga  pisang yang muncul di antara tandan tandan pisang.

Jantung ini bila sudah membesar dan sudah keluar pisang pisangnya maka dipotong .Agar pisang besar dan manis.

Jantung pisang ini dibuat sayur dan ada manfaatnya bagi kesehatan .

Manfaat jantung Pisang bagi kesehatan:

Mencegah obesitas
Mencegah komplikasi diabetes
Mencegah infeksi
Menangkal radikal bebas
Menjaga kesehatan Jantung
Menurunkan berat badan:

Jantung pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi yang dapat menurunkan berat badan.Karena makanan yang banyak mengandung serat dapat melancarkan pencernaan serta mengikat kolestrol dan lemak yang akan dibuang bersama kotoran. Makan pisang sekaligus mengatasi sembelit.

Mengurangi komplikasi diabetes;

Untuk mengurangi resiko kadar gula tinggi,campurkan jantung pisang dengan bagian tengah batang pisang dan dijadikan santapan

Mencegah  Infeksi;

Mengkomsumsi jantung pisang bisa mencegah infeksi terutama infeksi bakteri.

Menangkal radikal bebas:

Jantung pisang juga berperan menangkal radikal bebas.Yang terjadi akibat polusi udara dan sinar matahari.Menumpuknya dalam tubuh mengakibatkan bermacam macam efek juga kanker.

Menjaga kesehatan jantung:

Jantung pisang mengandung Kalium yang tinggi yang berperan menjaga kesehatan jantung

Daftar bacaan :https://hellosehat.com.

Kesimpulan:

Ada beragam jenis pisang yang kita kenal. Mungkin namanya berbeda setiap daerah Dikampung halaman kami ada pisang Batu, pisang Ambon, pisang Tanduk, pisang raja Sereh,pisang Klotok, pisang Lidi dan seterusnya. Yang setiap jenis memiliki citaerasa berbeda beda .

Jantung pisang ini ada yang bisa dimakan dan ada juga yang tidak enak sehingga tidak dimakan . Kalau isi tengah batang pisang pernah kami memakannya di Mataram dalam acara makan bersama komunitas Mataram.

Karena pisang kaya dengan manfaatnya A to Z maka terlalu panjang bila dituangkan dalam satu artikel. Karena itu saya tulis dalam beberapa seri.

3 Oktober 2023.

Salam saya,

Roselina

 

Tinggalkan Balasan