Kayanya Manfaat Pisang (Seri Ketiga Selesai)

Tidak banyak diketahui orang

Kita masih membicarakan mengenai pisang. Yang kaya manfaatnya Tapi ada benyak manfaatnya yang belum diketahui Pada umumnya orang makan pisang karena disamping rasanya yang enak, sekaligus mengandung multi vitamin. Tapi alangkah eloknya bila kita tahu lebih banyak tentang manfaat pisang. Sehingga dapat menbagikan hal ini kepada orang lain. Agar tidak perlu membeli buahan impor yang sudah pasti harganya jauh lebih mahal. Sedangkan manfaatnya belum tentu lebih baik daripada pisang. Hal ini sekaligus sebagai salah satu cara membantu kehidupan para petani pisang.

Setelah ulasan mengenai manfaat daun pisang,jantung pisang rta akar pohon pisang  dan inti tengah batang pisang ,kita  lanjutkan mengenai manfaat buah pisang ..

Selama ini yang kita ketahui adalah pisang dijadikan sebagai makanan penutup. Buktinya, Dirumah Makan Padang selalu menyediakan pisang dimeja makan. Setelah selesai makan Baik itu siang hari atau malam hari selalu ditutup dengan makan pisang. . Kalau dikampung saya di Rumah Makan akan Padang disediakan pisang.

Biasanya orang makan pisang karena bisa dimanfaatkan untuk mencegah sariawan dan melancarkan BAB.Manfaat lain tidak banyak diketahui.

Ada beragam  jenis Pisang yang berbeda cita rasa Cara memakannya juga berbeda Ada yang dimakan mentah,ada yang perlu dimasak dulu baru bisa menikmati. Bahkan ada jenis pisang yang dikampung halaman kami disebut Pisang Klotok, tidak enak dimakan baik dimasak ataupun dimakan mentah. Satu satunya manfaatnya adalah dijadikan sebagai bahan rujak

Nama Pisang ,juga ada yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Misalnya: Pisang ambon ,Pisang Lidi, Pisang Burung,Pisang Raja , Pisang Batu Pisang Bamban dan seterusnya Setahu saya di kampung halaman kami tidak ada Pisang Tanduk. Pisang Batu hanya enak dimakan setelah direbus atau digoreng. Pisang Lidi dan pisang Burung hanya enak dimakan mental.  Sedangkan Pisang Raja enak dimakan mentah,di rebus ataupun digoreng.

.Pisang Klotok tidak bisa dimakan mentah atau dimasak,hanya untuk bahan rujak. Dulu di rumah orang tua suami ada aneka ragam Pohon pisang.

Mari kita cari tahu Manfaat pisang

Mencegah terjadinya kerusakan sel pada jaringan tubuh.
Sebagai sumber energi bagi kesehatan
Merawat kesehatan jantung
Merawat saluran pencernaan
Mencegah gangguan  ginjal.
Mengurangi mual saat hamil
Mengatasi radang tukak lambung
Mencegah obesitas dan menurunkan berat badan.
Mencegah terjadinya kerusakan pada sel  jaringan tubuh.

Antiolsidan yang dimiliki pisang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel serta jaringan tubuh yang terjadi akibat radikal bebas

Sebagai sumber energi

Pisang mengandung karbohidrat yang berperan sebagai glukosa yang bertindak merupakan  bahan bakar dalam tubuh .

Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang dikandung pisang dapat membantu mengangkut oksigen ke otak.Menjaga kestabilan rithme jantung dan menetralisir tekanan darah untuk mengurangi resiko stroke.

Menjaga kesehatan Saluran Pencernaan

Pisang  mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kaker usus besar.

Mengurangi resiko gangguan ginjal.

Kalium dalam pisang juga berguna untuk mencegah penyakit batu ginjal

Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 , yang bermanfaat bagi wanita hamil untuk mengurangi rasa mual .

Meredakan Radang tukak lambung

Pisang menyebabkan peningkatan lendir dalam lambung sehingga mencegah terjadinya radang tukak lambung.

Menurunkan berat badan.

Mengomsumsi pisang menimbulkan rasa kenyang agak lama sehingga baik untuk menurunkan berat badan  dan sekaligus mencegah obesitas.

Daftar bacaan  :  https://www.alodokter.com.

https://hellosehat.com.

Kesimpulan:

Di negeri kita, pisang merupakan makanan Rakyat. Karena mudah diperoleh dan harganya terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan di kampung halaman kami, khususnya diperdesaan hampir Setiap rumah ada tanaman pisang

Dengan mengetahui manfaat Pisang, diharapkan dapat memotivasi orang banyak agar tidak perlu membeli buahan impor yang belum tentu manfaatnya lebih baik daripada Pisang

Selama kami berdua tinggal di Western Australia belum pernah menemukan kebun pisang.

Kalau di New South Wales dulu kami menanam puluhan pohon pisang. Harga Pisang rata rata 5 dollar perkilogram.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya

5 Oktober 2023.

Salam saya,

Roselina

Tinggalkan Balasan