Susah Tidur

Ini langkah sederhana untuk mengatasinya.

Sering kita dengar orang membicarakan tentang susah tidur..Bermacam macam cara telah dilakukan ternyata tidak membawa hasil yang diinginkan.Susah tidur berlangsung seperti terus. Yang menurut istilah medis disebut insomnia. Alibat tidak bisa tidur, kesehatan terganggu. Bangun pagi sakit Kepala dan ssmpoyongan serta uring uringan. Bukan hanya phisik yang mengalami gangguan, tapi juga secara psikis. Akibat kurang tidur, orang menjadi cepat tersinggung dan seterusnya.

Sebagian orang mencari jalan keluar dengan minum obat penenang entah apa saja merknya. . Yang mana akan membawa akibat dari obat tersebut menjadi kecanduan .Bila tidak makan obat tidak bisa tidur.

Ada juga yang menyarankan untuk membayangkan sedang menghitung domba. Tetapi ternyata juga tidak berhasil. Bila hal ini dibiarkan berlanjut maka semakin lama orang akan tenggelam semakin dalam.

Apa  penyebab tidak bisa tidur? Ada banyak hal yang membuat orang susah tidur. Antara lain kemungkinan ada masalah yang dipikirkan .Hal ini tidak dibicarakan dengan pasangan hidup,sehingga pasangan tidak mengetahuinya.

Pasangan tidur dengan nyenyak sedangkan dia masih memikirkan masalah tersebut. Hal ini akan memicu terjadi susah tidur yang berlarut larut. Kalau dibicarakan bersama akan dapat mencari solusinya.

Menyembunyikan suatu hal dari pasangan akan menyebabkan jiwa menjadi gelisah. Dan kegelisahan akan menguras energy, sehingga lama kelamaan semangat hidup akan menurun. Seperti tertuang dalam kalimat:” Jangan ada dusta antara suami Isteri” Menyembunyikan sesuatu adalah dusta tak berbunyi. Verbal ataupun non verbal, dusta adalah dusta, yang akan menyebabkan jiwa gelisah.

Berbagi pengalaman hidup pribadi

Sebagai contoh , setiap ada masalah, sekecil apapun,selalu kami bicarakan berdua .,tanpa ada yang didiamkan. Misalnya, saya bertanya pada suami:” Ko , siapa tuh yang tadi ngomong sama Koko?” Begitu juga sebaliknya, kalau ada sesuatu yang tidak jelas, suami akan bertanya kepada saya. Sehingga semuanya menjadi jelas.

Setiap malam jam 10.00pm kami masuk kamar. Lampu dipadamkan dan diganti lampu tidur.

Kami berdoa bersama, sambil saling mengenggam tangan.Kemudian tidak lebih dari 15 menit sudah tidur sampai keesokkan harinya baru bangun. Karena kami tidak mempunyai masalah yang dipikirkan .Semua dibicarakan bersama dan mencari jalan keluarnya.

Hal yang tampak sepele tapi sesungguhnya sangat efektif mencegah terjadinya gangguan susah tidur.

Kesimpulan:

Seperti kata pribahasa :”Berat sama dipikul ringan sama di jinjing” Tidak ada masalah yang dipecahkan sendiri melainkan didiskusikan bersama pasangan hidup Sehingga mendapat solusinya. Jangan ada dusta antara suami Isteri sekecil apapun.

Hal ini  adalah cuplikan hidup kami sampai saat ini selalu berdiskusi bersama sehingga terhindar dari susah tidur. Dan hidup rukun dan damai.

Terima kasih kepada semua sahabat yang berkenan mampir untuk mebaca tulisan saya salam hangat selalu.

7 Oktober 2023.

Salam saya,

Roselina.

Tinggalkan Balasan