Orangtua Harus Paham Menempatkan Diri

Kapan Bicara dan Kapan Harus Diam

Pada waktu anak anak masih kecil, maka adalah merupakan kewajiban bagi orang tua, untuk mendidik mereka. Memberi nasihat pada anak anak semenjak anak anak kecil dan mengatur cara berpakaian, hingga hal terkecil. Karena kalau bukan kita sebagai orang tua yang mendidik mereka, siapa lagi?

Apa yang harus mereka kerjakan dari pagi hingga malam. Segala sesuatu diatur orang tua agar anak  anak mematuhi aturan yang sudah diterapkan. Bahkan kalau perlu menegur dan memarahi bila anak anak tidak patuh.

Tetapi berbeda dengan bila anak anak telah mulai dewasa, maka sebagai orang tua tentu saja kita sudah harus mengurangi mengatur harus begini dan begitu. Karena harus memberikan kesempatan kepada anak anak kita untuk belajar menata hidup masing masing.

Apalagi bila anak anak sudah berkeluarga, maka peran kita sebagai orang tua adalah sebagai pendamping.

Biarlah mereka akan menentukan sendiri apa yang akan mereka lakukan. Orang tua hanya melihat serta mendengarkan saja. Bila diminta nasihatnya barulah kita sebagai orang tua berbicara memberikan saran. Karena bila orang tua ikut campur dalam urusan rumah tangga anak, hal ini berpotensi menciptakan suasana yang tidak nyaman dalam keluarga mereka.

Bila anak meminta pendapat orang tuanya maka barulah orang tua boleh memberi pendapatnya sesuai dengan keadaan.

Dalam hal ini berlaku “The ¬†wisdom words, Silent is gold, speak is Silver.”

Kesimpulan:

Memberi nasihat sewaktu anak anak kecil memang menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi setelah anak anak dewasa dan berkeluarga, mereka berhak menentukan gaya hidup masing masing.

Ada banyak contoh nyata akibat orang tua kepo ikut campur urusan rumah tangga anak anak yang berdampak buruk terhadap rumah tangga anak.

Seperti kata Khalil Gibran: “Anak memang terlahir dari orang tua, tapi mereka bukan lah milik orang tua.”

Dengan demikian kita akan disayangi anak mantu cucu dan mantu cucu serta cicit cicit.

Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menggurui siapapun, melainkan berbagi cuplikan perjalanan hidup pribadi yang telah kami lalui.

1 Desember 2023.

SAlam saya,

Roselina

 

Tinggalkan Balasan

News Feed