Generasi Muda untuk Masa Depan Bangsa dan Negara

Terbaru0 Dilihat

Tidak lama lagi, kita akan memperingati Hari Pahlawan, tepatnya setiap tanggal 10 November. Jika kita mengingat apa yang para pahlawan lakukan untuk bangsa dan Negara ini, tentu kita merasa bangga dan bersyukur. Para pahlawan rela menyerahkan nyawanya demi keselamatan bangsa dan Negara dari para penjajah. Tidak mudah untuk mengusir para penjajah yang ada di negeri kita, namun dengan semangat juang yang menyala-nyala, para pahlawan berhasil mengusir penjajah dari negeri kita ini.

Tak hanya para pahlawan saja yang berjuang untuk negeri ini, peran pemuda-pemudi Indonesia pun amat sangat penting dalam mengusir penjajah. Kunci dari kesuksesan suatu Negara tidak hanya dilihat dari segi ekonominya saja, namun adanya kesatuan dan persatuan masyarakat juga merupakan kunci kesuksesan Negara. Kita sebagai generasi muda Indonesia harus menjaga kesatuan dan persatuan yang telah dibangun sejak dulu.

Indonesia bisa lepas dari tangan penjajah itu karena adanya persatuan dan kesatuan dari berbagai golongan, baik golongan muda maupun golongan tua. Sebagai generasi muda Indonesia, kita harus mempertahankan nilai-nilai juang para pahlawan terdahulu. Kita harus membuat Negara ini menjadi jauh lebih baik serta jauh lebih maju.

Lantas bagaimana caranya? Banyak sekali cara agar kita dapat memajukan bangsa dan Negara ini. Salah satunya yang terpenting ialah dengan mempertahankan persatuan dan kesatuan antar bangsa. Akhir-akhir ini, banyak sekali masalah yang membuat Negara kita menjadi terpecah belah, terlebih Negara kita sedang dilanda musibah berupa maraknya wabah Covid-19.

Musuh kita saat ini bukan lagi penjajah dari bangsa atau Negara lain, melainkan dari bangsa kita sendiri. Mengapa? Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini banyak sekali oknum-oknum yang dengan mudahnya membuat perpecahan dikalangan masyarakat. Hal inilah yang sekarang menjadi ancaman bagi bangsa dan Negara kita.

Dengan adanya perpecahan dikalangan masyarakat ini, kita sebagai generasi muda seharusnya jangan mudah terpengaruh, apalagi dengan isu-isu yang belum jelas kenyataannya. Peran generasi muda dikalangan masyarakat sangatlah penting, terlebih generasi muda yang berpendidikan. Generasi muda yang berpendidikan ini, diharapkan kelak dapat memajukan Indonesia dari segi manapun.

Secara tak sadar, sebenarnya kita ini masih dijajah oleh Negara-negara lain. Namun bedanya, sekarang kita tidak lagi dijajah secara fisik ataupun wilayah, kita sekarang dijajah dengan masuknya produk-produk luar negeri yang menjadi pesaing produk local. Ditambah lagi masyarakat yang sangat menyukai brand-brand atau produk luar, terutama pada generasi muda. Nah, dengan adanya hal tersebut, peran serta generasi muda sangatlah penting, apalagi generasi muda sekarang memiliki inovasi-inovasi terbaru yang unik.

Sebagai generasi muda yang inovatif, kita harus membuat ide-ide baru agar produk local bisa bersaing dengan produk luar. Dengan ini, akan membuat Negara kita semakin terkenal dan maju. Kita juga harus menanamkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, serta rela berkorban demi kepentingan bersama, guna menciptakan generasi muda yang berkualitas bagi bangsa dan Negara. Maka dari itu, kita generasi muda harus bersama-sama berjuang agar menciptakan Negara yang lebih baik dan maju kedepannya.

Tinggalkan Balasan