Celoteh Nyakbaye, Kembali Fitrah

Ada rasa sebak di dada yang sulit untuk dijabarkan, semakin dipenghujung ramadhan banyak yang jadi renungan, apalagi semakin banyak umur untuk memaknai  hari nan fitri tentu tidak sama ketika masih kecil dan remaja. Semasa kecil Nyakbaye merasa lebaran adalah event untuk memuaskan selera dengan kue mueh yang disajika pada setiap rumah yang dikunjungi serta bertambahnya uang saku karena ada THR yang diterima. Bertambahnya umur memaknai lebaran dengan menjalin silaturahmi berkunjung ke sanak saudara yang tidak bisa di lakukan setiap saat walaupun berdekatan diakibatkan oleh pekerjaan.

Dulu waktunya untuk mengunjungi yang tua, mendatangi mereka untuk mengingatkan bahwa masih ada keluarga yang tua yang harus dihormati dan diberi penghargaan dengan datang berkunjung kerumahnya. Datang bukan sekedar memuaskan selera tapi lebih berbagi cerita dan mendengarkan kabar mereka jika bisa memberikan bantuan jika diperlukan.

Sekarang waktunya Nyakbaye yang dikunjungi, berharap mereka sekedar mengingat bahwa masih ada saudara tua yang harus disambangi berbagi cerita semoga masih diberikan kesempatan tahun depan berkumpul dan berbagi rezeki, tapi jika tidak ini merupakan lebaran terakhir dengan harapan semoga amal ibadah diterima – Nya.

Semoga saja sisa umur Nyakbaye bisa menjadikan Nyakbaye pribadi baik serta kembali Fitrah pada lebaran tahun ini. Untuk memaknai pemeliharaan fitrah Nyakbaye berusaha dengan menjaga akhlak serta berusaha berperilaku jujur, sabar, serta perbanyak bersyukur atas rezeki yang Nyakabye terima.

Hari ini rezeki terbesar, setelah kemaren merasa anak – anak melupakan makna mencuci lantai alias bersih – bersih sebelum hari nan fitri. Ternyata mereka hari ini, bekerja bersama membersihkan rumah dan pekarang rumah, doa Nyakbaye diijabah, mereka membawa kebahagian tersendiri, walaupun si abang baru sampai rumah alias pulang kampung karena bekerja tidak ditempat yang sama Nyakbaye tinggal.

Penghujung ramadhan semoga kami sekeluarga selalu dalam berkah – Nya, doa yang sama untuk semua umat islam dan pembaca Nyakbaye, semoga kita kembali fitri di hari nan fitri ini.***

Tinggalkan Balasan