Sense of Belonging

Terbaru0 Dilihat

Sense of Belonging

Cing Ato

Guru Blogger Madrasah

Motivator literasi Nasional

Guru MTsN 5 Jakarta

 

#catatangurubloggermadrasah

Pernahkah Anda melihat sesuatu yang menurut Anda tidak layak, kemudian Anda terdiam dan Anda bilang itu bukan urusan Anda?

Ketika Anda diam, berarti ada yang hilang dari diri Anda. Apakah itu ? Rasa memiliki/ sanse of belonging

Betapa banyak kita perhatikan baik langsung maupun tidak langsung banyak orang, bahkan diri kita sendiri yang kehilangan rasa memiliki. Padahal kita hidup, mencari makan, belajar dan lain -lainnya di tempat itu.

Contoh, disebuah sekolah. Sering kita melihat para siswa mencoret dinding, meja, membuang sampah bukan pada tempatnya, meninggalkan sampah begitu saja di mana mereka duduk.

Ini menunjukkan rasa memiliki terhadap kebersihan lingkungan hilang pada diri siswa. Hal ini, jika dibiarkan akan terbawa dalam hidupnya. Di mana pun dia berada dia akan melakukan hal yang sama.

Kebiasaan yang sudah mendarah daging akan terbawa ke dunia pekerjaannya nanti. Betapa banyak para pekerja atau pejabat berwenang kehilangan rasa memiliki dan peduli terhadap lingkungan sekitar tempat kerjanya.

Apatis atau masa bodo yang akan beremayam dalam hatinya. Jika, sense of belonging itu tidak ada dalam hatinya.

Jadi teringat waktu masih belajar di MAN 1 Filial Cilincing, gedungnya menyatu dengan gedung MTsN 5 Cilincing. Hampir setiap pagi penulis melihat kepala madrasah selalu menyapu kantor. Kebetulan beliau sering menginap di madrasah, karena rumahnya agak jauh dari madrasah. Hal itu menjadi sebuah pembelajaran bagi penulis.

Begitu juga penulis sering melihat yuotuber pak Dedi Mulyadi mantan bupati Purwa karta dan sekarang menjadi anggota DPR. Jika beliau berkunjung ke mana saja dan melihat sampah berserakan, beliau langsung mengambilnya dan membuangnya pada tempatnya.

Kenapa beliau-beliau melakukan itu? Karena pada diri beliau sudah tertanam rasa memiliki yang tinggi, sehingga spontanitas tanpa digerakkan oleh orang lain beliau bergerak sendiri.

Terus rasa memiliki itu apa si? Rasa memiliki atau sense of belonging adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa memiliki sesuatu , sehingga dengan rasa memiliki itu seseorang dengan sepenuh hati akan menjaga, melindungi, peduli, dan mencintai sesuatu itu.

Bagaimana dengan Anda, adakah rasa memiliki tertanam pada diri Anda di tempat Anda bekerja?…..

Cakung, 12 November 2022

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar