Self- Improvement Sebuah Proses Panjang Menuju Sukses

Self-improvement, Sebuah Proses Panjang Menuju Sukses

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Puji sukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidahNya sehingga kita masih di beri kesempatan untuk bisa beraktivitas dan semangat dalam menuntut ilmu. Belajar boleh kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja.

Alhamdulilah dalam kesempatan ini penulis bisa mengikuti acara seminar yang di prakarsai oleh rumah literasi dengan narasumber Mbk Eka Atun S yaitu seorang yang sangat ahli dalam bidang design. Beliau seorang ibu rumah tangga yang membuka jasa freelance design. Mb Eka masih tergolong sangat muda, namun karya beliau sangat luar biasa.

Banyak pengalaman beliau yang bisa kita pelajari. Dalam acara webinar ini dengan beliau akan sampaikan materi dengan tema “Self-improvement”.

Apa itu self-improvement?

Self improvement ialah segala bentuk upaya, kegiatan, atau tindakan yang diambil untuk meningkatkan kemampuan diri, minat, bakat, potensi, kesadaran diri, ketrampilan hingga kualitas kehidupan dengan tujuan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Melakukan self improvement atau pengembangan diri sangat penting. Sebab, dengan melakukan self improvement akan membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Self improvement mampu meningkatkan kesadaran individu.
Setiap individu akan dihadapkan oleh berbagai hal yang baik atau pun buruk. Dengan adanya self improvement, kita akan lebih mengenal atau mengetahui pola pikir, kepribadian serta perasaan yang ia rasakan saat dihadapkan oleh berbagai kemungkinan.
2. Self improvement mempu membantu mengetahui potensi yang dimiliki.
3. Self improvement memberikan efek positif pada kesehatan mental.
4. Self improvement membimbing menjadi pribadi yang lebih baik.
5. Self improvement menciptakan peluang baru.
Sebuah kesuksesan akan tercapai apabila adanya persiapan dan peluang dalam mencapainya. Dalam konteks ini, self improvement berperan sebagai suatu persiapan di mana individu akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi lebih baik.

Contoh self improvement

1. Mencoba memperbaiki kualitas tidur.
2. Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain.
3. Merancang goals yang realistis dan rasional.
4. Merancang to do list.
5. Rajin membaca.
6. Melakukan hobi.

Dari ke-enam contoh tersebut mari kita bahas satu persatu:
1. Memperbaiki kualitas tidur.
Cobalah untuk mengatur pola tidur kalian lebih awal dari biasanya. Karena kebiasaan tidur larut malam akan mengacaukan sistem di dalam tubuh.
2. Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain.
Sadar bahwa setiap manusia tentu pernah membuat kesalahan, entah itu orang lain atau bahkan diri kita sendiri. Memaafkan kesalahan orang lain akan membuat hati menjadi lebih damai. Begitu pula dengan diri sendiri yang tentunya hanyalah manusia biasa. Kita bukanlah orang yang sempurna. Kegagalan di masa lalu baiknya kita ambil pelajarannya.
3. Merancang goals yang realistis dan rasional.
Memiliki tujuan yang jelas dan terencana akan membuat diri menjadi merasa puas setiap kali tujuan atau goals itu tercapai.
4. Merancang to do list.
Buatlah daftar rencana yang akan mengurangi rasa khawatir kalian akan deadline tugas yang sudah menumpuk. Dengan demikian, pikiran dan hati kalian jauh akan lebih tenang dan tenteram. Tak hanya itu, dengan meracang to do list akan mengurangi kemungkinan lupa terhadap hal penting yang perlu dilakukan atau
5. Rajin membaca/belajar.
Belajar menjadi salah satu kunci utama agar dapat mengembangkan diri dengan baik.
6. Melakukan hobi.
Ketika Anda melakukan hobi, bagian pengirim zat kimia di otak kita yang bernama neurotransmitter melepaskan dopamine – sebuah zat membuat kita merasa bahagia. Hal ini kemudian dapat memacu Anda untuk melakukan hobi tersebut kembali.

Ada sebuah kata bijak yang sangat menarik.

“Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.”

Ada juga lho, rebahan yang dibayar. Misalnya ; rebahan sambil nulis, rebahan sambil bikin design, rebahan sambil jualan online, dan lain-lain. Sekarang banyak sekali alternatif yang bisa kita gunakan. Terutama bagi kita yang perempuan, ibu rumah tangga dan jika ada sebab-sebab yang mengharuskan teman-teman harus tetap berada di rumah. Kita bisa memanfaatkan media seperti laptop, bahkan hanya dengan menggunakan hp, namun tetap bisa menghasilkan uang.

Bukan hanya uang. Kita bisa mencari ilmu yang bermanfaat juga walaupun kita tidak bisa menghadiri/mengikuti kelas atau seminar ofline. Jadi, tidak ada alasan untuk berkembang. Terus latih dan biasakan diri untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Demikian materi yang sangat luar biasa yang dapat kita amalkan sehingga banyak manfaat yang dapt kita ambil, hingga isyaAllah kita menjadi pribadi yang lebih baik. Terimakasih, salam sehat salam litarasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul,24 September 2023

Tinggalkan Balasan