Dalam penbahasan mengenai teknik promosi, pemanfaatan media sosial sempat disinggung. Mengapa harus memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana promosi?
Media sosial adalah salah satu media yang banyak diminati oleh manusia dengan rentang usia yang cukup lebar. Meski lebih banyak diminati oleh generasi muda, seperti Instagram / Reel, Tik Tok Line,, Twitter dan You Tube, generasi tuapun banyak yang memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp dan Facebook.
Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan media sosial untuk promosi kuliner, karena digunakan oleh banyak orang dengan rentang usia yang sangat lebar
Bahkan ada sebuah gerai kuliner yang tidak pernah mengeluarkan uang sepeserpun untuk berpromosi, karena telah dipromosikan secara gratis melalui media sosial oleh pelanggannya .
Apa sebabnya? Karena gerai kukinernya memiliki titik (spot) yang sangat Instagramable. Jadi pelanggan berswafoto maupun berfoto bersama, atau membuat video keberadaannya di gerai kuliner tersebut. Lalu diunggahnya ke Instagram & Reel. Secara otomatis unggahan di Instagram & Reel ini menjadi promosi bagi gerai kuliner ini. Melihat disain gerai kuliner yang nyaman (cozy), orang yang melihatnya lalu jadi ingin datang dan juga berswafoto. Orang yang berkunjung belakangan ini juga ikut mengunggah fotonya melalui Feed dan Story di Instagram. Bahkan orang yang belum berkunjung, juga ikut memforward konten Instagram & Reel tersebut Akibatnya gerai kuliner ini dalam waktu singkat menjadi viral, menjadi bahan pembicaraan orang di kantor maupun di rumah. Promosi positifpun mengalir secara alami.
Namun media sosial juga bisa menjadi promosi negatif, bila ada pelanggan yang merasa kecewa. Karena orang juga sering nengunggah kekecewaannya ke media sosial. Jadi, bila kita sudah merasa memperoleh promosi positif dari media sosial, harus berupaya semaksimal mungkin memberikan layanan yang prima. Salah satu contoh, bila kualitas pendingin ruangan di gerai kuliner kurang dingin, juga bisa langsung viral, maka kita harus segera menambahkan pendingin ruangan agar berita negatif ini tidak sampai viral.
Pemanfaatan media sosial untuk promosi berupa gambar dapat menggunakan Instagram atau WhatsApp. Bila berupa text dan gambar dapat menggunakan Facebook. Bila berupa video, gunakanlah Reel, Tik Tok atau YouTube. Bila kicauan singkat dapat menggunakan Twitter.
Manfaatkan media sosial demi keuntungan kita. Namun harus waspada nemantaunya, agar bila ada konten negatif harus segera diantisipasi.
Pandai- pandailah kita menggunakan medsos.. mesti bijaksana..