33. Pembagian Ruang

 

Bila rumah makan yang kita miliki cukup luas, perlu memikirkan pembagian ruang untuk berbagai fungsi. Namun bila rumah makan kita hanya menempati sebuah ruko memang tidak perlu melakukan pembagian ruang. Paling lantai 1 dan 2 digunakan sebagai ruang makan, sedangkan dapur bisa di lantai 3 atau di lantai 1 depan.

Apalagi kita yang hanya memiliki gerai di food court yang banyak terdapat di mall, ruang makan sudah disediakan pemilik mall yang digunakan bersama tenant lainnya.

Khusus yang memiliki rumah makan di gedung atau rumah sendiri yang cukup luas perlu menata pembagian ruang.

Ruang yang harus ada adalah ruang makan, bisa menggunakan kursi biasa atau sofa tergantung golongan yang akan kita bidik. Normalnya menyediakan meja dengan 2 kursi, meja dengan 4 kursi. Bila mendapat kunjungan tamu yang cukup banyak, meja dapat saling dihubungkan. Kecuali kita yang memilih meja bundar (pada kebanyakan chinese food) biasanya satu meja untuk 8-10 orang.

Untuk penggunaan meja bundar, biasanya untuk makan bersama, jadi bagian tengah meja dapat diputar, guna memudahkan orang saat ingin mengambil makanan. Karena makanan biasanya diletakkan di tengah meja.

Untuk memudahkan pelayan menerima pesanan, pelayan segera membagikan menu saat tamu datang, lalu mencatat pesanan. Pelayan yang ditugaskan untuk menerima pesanan, sebaiknya menguasai isi masakan sehingga dapat memberikan penjelasan yang lengkap bila ada tamu yang mengajukan pertanyaan. Seiring dengan perkembangan era digital, menu dapat berupa QR code dan pesanan bisa dilakukan melalui tablet maupun aplikasi, namun sebaiknya tersedia tombol untuk memanggil pelayan bila tamu memerlukan bantuan.

Ruangan yang perlu diperhatikan berikutnya adalah dapur. Ada dua konsep dapur. Konsep tertutup, dimana dapur diletakkan tersembunyi dari penglihatan tamu. Atau konsep terbuka, dimana tamu dapat melihat chef yang sedang beraksi di dapur. Konsep terbuka biasanya meletakkan dapur di depan rumah makan dengan kaca transparan.

Bila rumah makan cukup luas, kita dapat menyediakan beberapa ruang VIP yang bersifat tertutup. Ruangan ini dapat digunakan sekitar 8-10 orang untuk rapat lalu makan siang / malam dan kegiatan lainnya. Ruang VIP ini dapat disewakan atau diberikan gratis dengan nilai transaksi tertentu. Untuk memudahkan tamu, ruang VIP dapat dilengkapi flip chart, sound system, video proyektor dan layar presentasi. Bila dapat menyediakan papan tulis yang langsung mencetak tentu lebih disukai pengguna.

Di bagian depan biasanya diletakkan ruangan kasir. Selain untuk menerima pembayaran, kasir juga berfungsi ganda untuk nengawasi keluar-masuknya pengunjung. Karena kasir yang mengetahui, pengunjung sudah membayar atau belum. Beberapa rumah makan telah menerapkan sistem bayar di muka. Jadi setelah memesan makanan, pengunjung harus langsung membayar. Sistem ini lebih aman karena dapat menghindari pengunjung yang setelah makan minum lalu kabur. Juga dapat menghindari kurangnya uang sebelum makan minum disajikan.

Bila rumah makan kita menyediakan kuliner untuk konsumsi anak-anak, menyediakan ruang bermain akan menguntungkan. Karena bila sang anak ingat permainan yang tersedia, bisa minta diajak ke rumah makan kita kembali.

Untuk orang dewasapun, kita dapat menyediakan permainan sambil menunggu pesanan diantar. Dapat berupa permainan catur, halma, ular tangga, kartu, kwartet dan sejenisnya.
Kadang kita juga dapat menyediakan buku atau majalah untuk mengisi waktu menunggu.

Yang peñting, rumah makan menyediakan toilet, wastafel dan mushola. Agar pengunjung dapat melaksanakan kebutuhannya tetap di rumah makan kita, tanpa harus mencari di luar rumah makan.

Ruangan yang tidak kalah peñtingnya adalah ruang parkir, apalagi bila target pasar kita adalah golongan menengah keatas. Selain ruangan parkir juga perlu petugas parkirvyang sigap mengatur posisi kendaraan  Bahkan bila rumah makan sedang ramai, perlu menjajagi kerjasama dengan meminjam atau menyewa lahan kosong didekatnya. Masalah ruang parkir tidak menjadi tanggung jawab kita bila rumah makan berada di mall atau komplek ruko.

Inilah pembagian ruang terpenting, bila ingin ditambahkan ruang lain tentu akan lebih memanjakan pengunjung.

Tinggalkan Balasan