34. Ruang Bermain

 

Bagi pengusaha rumah makan yang memiliki lahan cukup luas baik di dalam ruang maupun di luar ruang, bila memiliki menu yang disukai anak-anak sebaiknya menyiapkan sebagian lahannya untuk ruang bermain.

Tujuannya tentulah untuk merayu anak-anak agar selalu mengajak orang tuanya ke rumah makan kita. Karena bila seorang anak sudah merasa senang, bila ada hari libur atau akhir pekan pasti akan merengek minta diajak ke tempat yang disukainya.

Memang kelengkapan ruang Bermain tergantung dari seberapa luas lahan yang bisa disediakan. Bisa berupa mobil-mobilan atau kuda-kudaan untuk dikendarai atau perosotan atau ayunan.

Yang peñting ruang bermain harus aman bagi anak-anak. Alat permainan harus tidak berdimensi runcing atau tajam, sehingga dapat melukai si anak, dimensinya sebaiknya bulat, bundar dan tumpul. Menyediakan arena untuk mandi bolà juga diperkenakan, karena tidak berbahaya.

Ruang bermain hendaknya memiliki petugas yang aktif mengawasi atau minimal anak harus diawasi orang tua atau kakaknya selama bermain. Pengawasan ini harus dilakukan agar bila anak terjatuh dapat segera ditolong atau bila berkelahi dengan anak lainnya dapat segera dilerai. Jadi orang tua Dan kakak jangan asyik dengan gawainya saja, tetapi harus selalu mengawasi aktivitas anaknya.

Selain ruang bermain, kadang dapat divariasi dengan kandang satwa. Pemilik rumah makan dapat menyediakan satwa seperti anjing dan kucing yang jinak, atau kelinci. Disinipun peran orang tua dan kakak untuk mengawasi sangat diperlukan. Namun faktor kebersihan Dan kesehatan harus diprioritaskan disini.

Seperti halnya disain interior dan exterior, ruang bermain pada perioda tertentu harus dirubah agar anak-anak tidak merasa bosan.

Untuk rumah makan yang tidak terlalu luas, ruang bermain dapat diisi dengan meja, kursi, kertas dan crayon agar anak-anak asyik belajar menggambar dan mewarnai.

Atau menyediakan permainan sederhana, seperti menyusun balok atau Lego. Intinya ruang bermain diperuntukkan bagi anak-anak agar tidak merasa jenuh saat harus menunggu.

Tinggalkan Balasan