35. Private Room

 

Bila rumah makan kita mempunyai lahan cukup luas, perlu kiranya untuk menyekat ruangan sehingga kita memiliki ruangan khusus yang tertutup. Tidak perlu terlalu besar dan banyak, yang peñting ada.

Ruang khusus ini sering disebut sebagai private room atau VVIP Room atau VIP Room.

Kegunaannnya tentu diperuntukkan bagi keluarga besar, komunitas atau perusahaan agar pada saat mereka berkumpul makan siang atau makan malam, pembicaraan tidak dapat terdengar oleh pengunjung lain.

Selain itu melakukan pembicaraan khusus, ruang khusus ini juga dapat untuk melakukan pelatihan, membicarakan strategi pemasaran perusahaan dan kegiatan lain yang bersifat surprise, sehingga jangan diketahui khalayak ramai terlebih dulu.

Bahkan untuk keperluan pelatihan, dapat disediakan fasilitas pendukung seperti layar, overhead proyektor, flip chart, alat tulis atau papan tulis yang langsung dapat mencetak tulisan yang dituliskan sebagai materi pelatihan.

Normalnya ruangan khusus ini ditawarkan berbayar atau diberikan gratis dengan minimal transaksi tertentu Jadi pengunjung yang memerlukan ruangan khusus sudah dapat memperhitingkan beaya. Antara memilih ruangan khusus di rumah makan, working space, di pusat kegiatan bisnis maupun di hotel.

Bedanya, di rumah makan, rehat kopi, makan siang dan makan malam harus dipesan dari rumah makan. Sedangkan ditempat lain, kalau pengunjung mau sedikit repot bisa membawa konsumsi sendiri.

Sebaiknya bagian pemasaran rumah makan memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan atau komunitas agar ruangan khusus ini dapat selalu terisi. Karena bila sering kosong ruangan khusus ini tidak dapat berfungsi sebagai daya tarik untuk menjaga privasi, dan akibatnya kita tidak dapat meningkatkan omzet.

Bila pengguna perusahaan atau komunitas cukup padat, harus dilakukan pengaturan jadual yang baik. Jangan kejadian suatu perusahaan / komunitas bertubrukan ingin menggunakan ruangan pada hari dan jam yang sama. Cara pengaturan pemakaian ruangan khusus ini sama balnya dengan cara pengaturan ruang rapat di perusahaan.

Tinggalkan Balasan

1 komentar