Jangan Mengharap Balasan

Pernahkah Anda memberikan bantuan atau sumbangan untuk kaum miskin? Apakah Anda memberikannya secara tulus atau punya motif balas budi? Apakah Anda berharap suatu saat orang yang Anda bantu akan membalas membantu Anda di saat Anda mengalami kesulitan? Seperti pada cerita-cerita, orang kaya yang dermawan, saat dihadang penjahat lalu tiba-tiba muncullah orang miskin yang pernah ditolongnya sebagai pahlawan yang melindunginya dari bahaya. Atau Anda berharap nama Anda dicantumkan sebagai donatur di media terkenal? Sehingga Anda berbangga diri sebagai orang kaya yang dermawan.

Ada satu frasa dalam bahasa Latin ‘Quid pro quo’ yang artinya harus ada timbal balik atas tindakan yang dilakukan seseorang saat pihak lain mendapatkan jasanya. Pada umumnya pada suatu perjanjian kontrak, di mana dua pihak bersepakat, pasti ada tanggung-jawab masing-masing untuk saling memenuhi kewajibannya. Hal ini lazim terjadi dalam dunia bisnis. Penyembahan dan persembahan kepada para dewa sering dilakukan pada zaman purba sebagai permohonan atau upeti atas kemenangan dalam perang, panen yang baik atau kesehatan.

Bila Anda sebagai orang yang berkecukupan, lalu ingin memberikan uluran bantuan kepada orang lain yang kurang beruntung, hendaknya  tidak bersyarat, jadi Anda hendaknya memberikan bantuan tanpa ada harapan akan terjadinya suatu balas budi. Hendaknya setiap bantuan yang Anda lakukan merupakan pemberian dari ketulusan hati dan tanpa pamrih apapun.

Bersyukurlah atas setiap kelebihan yang Anda dapatkan, dan berikan semua bantuan kepada orang yang membutuhkan dengan menggunakan seluruh kemampuan yang Anda miliki dan rezeki yang Anda terima. Biarlah hukum timbal balik ini akan menjadi hubungan antara Anda dengan sang Khalik.

Hendaknya setiap hari-hari dapat Anda penuhi dengan rasa keinginan untuk berbagi. Karena prinsipnya segala bantuan yang telah Anda berikan pasti akan digantikan dengan cara yang berbeda. Tidak dikembalikan oleh orang yang pernah Anda berikan bantuan, namun secara tidak terduga Anda akan mendapatkan sesuatu dari orang yang tidak Anda duga. Inilah misteri kehidupan.

Meski Anda tidak pernah mengharapkan suatu balasan atas pemberian yang telah Anda lakukan, yakinlah secara tidak terduga, Anda akan menerima lebih banyak rezeki dan kebhagiaan yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Tangerang Selatan, 30 Agustus 2021.

@sg

Tinggalkan Balasan