Generasi Muda Pengguncang Dunia

Nama : Syifa Damayanti

NIM   : 20078

Sumpah pemuda merupakan suatu pergerakan kemrdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Setiap tanggal 28 Oktober Kita memperingati sebagai hari sumpah pemuda. Sewaktu Saya SMA, sekolah Saya memperingati sumpah pemuda dengan cara mengadakan lomba yang biasa disebut bulan bahasa. Sekolah Saya SMA 9 juga bukan hanya mengadakan lomba dihari sumpah pemuda bahkan setiap peringatan hari penting juga selalu diadakan lomba, seperti hari anak dan yang pasti hari kemerdekaan Indonesia.

Ketika acara berlangsung yang membawa acara adalah anak OSIS dan ada juga para Guru yang ikut lomba, sangat seru sekali. Untuk memperingati perjuangan para pahlawan. Kita semua selalu bersemangat dan heboh karena menunggu giliran mereka yang ingin lomba. Dengan diadakannya acara seperti ini yang bertujuan agar dapat merasakan perjuangan yang dialami oleh para pahlawan yang telah gugur.

Setelah selesai mempersiapkan apa yang mereka butuhkan setiap kelas menunggu giliran mereka untuk tampil menunjukkan kebolehan yang mereka miliki. Terlihat keramaian di tengah-tengah lapangan hal itu disebabkan antusias siswa memeriahkan acara yang dilaksanakan untuk memeriahkan lomba untuk hari sumpah pemuda. Sebelum dimulainya lomba dibuka dengan pembukaan upacara bendera. Upacara itu diikuti oleh semua guru dan siswa. Upacara itu diikuti dengan baik oleh warrga sekolah. Setelah melaksanakan upacara bendera barulah dimulai lomba yang diikuti oleh kelas 1, 2 & 3 yaitu lomba pembacaan teks sumpah pemuda. Lomba itu dinilai oleh 3 juri yang bertugas untuk menilai kelas manalah yang lebihbaik dalam pembacaan teks sumpah pemuda. Setelah  itu, barulah diadakan lomba debat pengetahuan yang diikuti oleh 3 orang dari setiap kelasnya.

Seusai semua kelas mendapatkan giliran untuk menunjukkan kemampuannya,semua juri berembuk untuk menentukan kelas manalah yang lebih baik. Pembagiaan hadiah dilakukan setelah penjurian selesai. Dan hanya kelas yang memiliki nilai terbaiklah yang akan memperoleh apresiasi dari lomba itu yaitu hadiah yang ditujukan untuk kelas mereka. Kita jangan sampai melupakan hari penting bangsa Indonesia ini, karena kalau bukan kita siapa lagi

Merdeka berarti kita bebas dari para penjajah. Namun, apa bagusnya jika hanya lepas dari penjajah , jika Kita sebagai Warga Negara sendiri saja masih tidak bisa menghargai Bangsa sendiri, para petinggi Negara hanya peduli dengan kekayaannya saja, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Indonesia itu banyak misterinya sehingga hukum tumpul keatas dan lancip kebawah.

Merdeka berarti makmur seluruh rakyatnya bukan hanya segelintir orang saja yang makmur sejahtera. Peran pemuda juga sangat penting dalam kemajuan Bangsa Indonesia ini. Sebab, pemuda merupakan penerus para generasi tua. Pemuda juga harus peduli pada budayanya sendiri, boleh suka pada budaya luar namun budaya sendiri tidak boleh dilupakan. Seperti demonstrasi kemarin para Mahasiswa merasa tentang Omnibus Law ini tidak bisa menyejahterakan rakyat, itu hal bagus sebab artinya para pemuda masih peduli tentang negaranya. Memang dibeberapa negeri yang telah maju Omnibus Law ini telah diterapkan tetapi negara kita Indonesia ini masih belum bisa melaksanakan peraturan Omnibus law ini. Tetapi peduli ini tidak harus selalu dengan demonstrasi , pemuda juga bisa memajukan Bangsanya sebagai agent of change dalam era milenial ini dengan memiliki karakteristik pemimpin yang memiliki visi yang jernih sehingga sistem kerja dapat disusun dengan baik dengan tahapan kerja yang berkesinambungan, lalu memiliki kegigihan untuk mencapai target , harus bersikap kritis dan analitis.

Jadi kunci kesuksesan negara ini ada di tangan para pemuda-pemudi Indonesia. Maka sudah waktunya pergerakan pemuda Indonesia kembali bangkit. Kita adalah pemegang tumpuk perjuangan. Buatlah Indonesia yang sudah merdeka makin merdeka lagi.

Tinggalkan Balasan