Kebutuhan Aktualisasi Diri 

Catatan Thamrin Dahlan

 

Tulisan ini diawali kutipan komentar di Portal Bapak Dahlan Iskan disway.id Senin 20 Maret 2023.  Judul  Bisikan Partner Alhamdulillah menjadi komentar pilihan.

thamrindahlan

Selamat Petang XI JINPING menurut teori Abraham Maslow (1943) sudah sampai di puncak tertinggi kebutuhan manusia (Self Actualization Need). Dalam posisi itu kelas Presiden China 3 periode ini sudah berada di elite Internasional. Sosok Xi sangat berpengaruh melebihi PƁB. China sudah pasti tidak menghendaki terjadi perang ( dunia.) .

 Mr. Xi memikirkan bagaimana produksi dalam negri tetap lancar di konsumsi rakyat sedunia. Tujuan mulia Mr Jinping agar rakyat cina yang terbanyak itu tetap aman memenuhi kebutuhan dasar (basic need). SPP = Sandang Pangan Papan

 Perihal bisik membisik kelas nasional anda sudah tahu. Ring satu istana formal atau non formal menjadi pembisik utama (diminta atau tidak) Ya sudah sampai disini dulu soal pembisik.

 Mr Xi Jinping berpeluang menerima hadiah nobel perdamaian dunia seandainya berprestasi menghentikan perang Rusia Ukraina.. Sekaligus menyelamatkan Mr Putin dari ancaman Kejahatan Perang. Kita tunggu hasil kunjungan Mr Xi. ke Rusia. Semoga memberikan kabar baik untuk Amerika Serikat dan 8 Milyard penduduk dunia. Salamsalaman

Kebutuhan aktualisasi diri  merupakan kebutuhan di tingkat tertinggi dalam diri manusia yang perlu dipenuhi. Pada dasarnya, manusia memiliki keinginan untuk diakui oleh orang lain, dipuji, atau setidaknya memiliki karya yang dilihat orang banyak.

Salah satu pemenuhan kebutuhan ini, adalah ketika seseorang dapat dipanggil menjadi seorang pembicara.  Memenangkan penghargaan dalam sebuah kompetisi, ataupun memiliki riwayat dan nama baik di masyarakat.

Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan cara pengembangan diri, menunjukkan dan menggunakan keahlian dan kelebihan tentang skill yang dimiliki. Dengan aktualisasi diri yang kuat manusia cenderung menyukai hal-hal berdasarkan keahlian dan skill yang dimiliki karena mereka merasa ‘dibutuhkan’ di ranah tersebut. (wikipedia)

  1. Physiological Needs

Tingkat pertama adalah kebutuhan fisiologis yang merupakan tingkat dasar atau basic needs yang harus dipenuhi manusia seperti makanan, udara, waktu istirahat, pakaian untuk bertahan hidup. Jika dikaitkan dengan bisnis dan marketing, di tingkat ini marketers dapat memulai untuk ‘menjual’ hal yang dibutuhkan manusia dengan modifikasi yang diselaraskan dengan zaman dan model karena hal seperti makanan dan pakaian adalah dua hal terpenting yang tentunya sangat diperlukan oleh manusia.

  1. Safety Needs 

Tingkat kedua adalah kebutuhan rasa nyaman dan aman. Disaat kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi, akan muncul naluri manusia untuk ingin merasa aman dan mendapatkan perlindungan entah itu keamanan dalam pekerjaan, jaminan untuk kesehatan ataupun tunjangan di hari tua. Hal ini juga merupakan basic needs yang tentu perlu dipenuhi manusia. Pemenuhan keinginan ini biasanya disalurkan orang dalam pembelian asuransi jiwa, tabungan berjangka, atau mungkin tempat tinggal yang nyaman dan aman.

  1. Belongingness and Love

Tingkat ketiga adalah kebutuhan sosial dan kasih sayang. Saat kebutuhan dasar telah cukup terpenuhi, manusia cenderung untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Rasa ingin untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain merupakan kebutuhan psikologi seperti afiliasi, koneksi, intimasi, kasih sayang antar teman dan keluarga yang bisa menjadi acuan dan motivasi untuk seseorang dapat semangat dalam pekerjaan karena mereka merasa dikasihi dan dianggap ‘ada’ dalam lingkup sosial tersebut. Kebutuhan ini biasanya dipenuhi dengan cara bertamasya, rekreasi dengan keluarga, ikut dalam suatu komunitas dengan hobi yang sama, atau juga berada di dekat kerabat.

  1. Esteem Needs

Kebutuhan akan penghargaan juga menjadi salah satu kebutuhan psikologi yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan dasar, kebutuhan rasa aman, dan sudah dianggap ‘ada’ dalam lingkup sosial mereka. Dengan motivasi yang didapat dalam hal pekerjaan dan mengejar ‘target’ yang ada, saat sudah dititik pencapaian orang juga memerlukan penghargaan akan kerja keras mereka. Perhatian, status, pengakuan, apresiasi merupakan hal sederhana yang dibutuhkan psikologi seseorang. Pada dasarnya untuk segala sesuatu yang telah dicapai, manusia pasti memerlukan penghargaan untuk rasa kepuasan tersendiri. Kebutuhan ini biasa terpenuhi ketika seseorang berhasil untuk mendapatkan suatu pencapaian, misalnya memiliki jabatan tinggi, membeli rumah yang mewah, atau jam tangan mahal yang sekiranya dapat ‘membayar’ kerja keras mereka.

        5. Self Actualization Needs 

Kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan di tingkat tertinggi dalam diri manusia yang perlu dipenuhi. Pada dasarnya, manusia memiliki keinginan untuk diakui oleh orang lain, dipuji, atau setidaknya memiliki karya yang dilihat orang banyak. Salah satu pemenuhan kebutuhan ini, adalah ketika seseorang dapat dipanggil menjadi seorang pembicara, memenangkan penghargaan dalam sebuah kompetisi, ataupun memiliki riwayat dan nama baik di masyarakat.

 

Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan cara pengembangan diri, menunjukkan dan menggunakan keahlian dan kelebihan tentang skill yang dimiliki. Dengan aktualisasi diri yang kuat manusia cenderung menyukai hal-hal berdasarkan keahlian dan skill yang dimiliki karena mereka merasa ‘dibutuhkan’ di ranah tersebut

 

Kita selalu berusaha agar dalam hidup dan kehidupan ini berada pada posisi self actualization needs.  Posisi tertinggi bisa tercapai tentu harus melewati 4 tahapan sebelumnya.  Tahapan tersebut kebutuhan rasa nyaman dan aman, kebutuhan sosial dan kasih sayang, kebutuhan penghargaan.

Seseorang tidak bisa naik tingkat pemenuhan kebutuhan sebelum lulus di tingkat terbawah kebutuhan dasar Sandang Pangan dan Papan. Saya yakin pemenuhan kebutuhan tidak selalu berbanding lurus dengan jabatan dan kepemilikan harta.

Tokoh masyarakat seperti Bung Karno, Bung Hatta, Buya Hamka Agus Salim dan  para Pahlawan Nasional sudah berada disana .  Dibalik itu masih ada tokoh lain mungkin tidak terkenal namum keberadaannya selalu memberikan manfaat sebesar besarnya untuk kemaslahatan umat dilingkungan terkecil, tercucil dan terpinggir. Itullah dia Anda Pembaca terhormat.

Perihal terkenal atau tidak didunia ini Saya teringat ucapan kemenakanda Alexander David Pranata di awal Maret 2023 :

” kita berusaha agar bisa terkenal dilangit saja Mak Etek seperti Uwais Al-Qarni…”

Inilah dia  inspirasi menulis yang sudah lama ingin di posting,…Uwais Al-Qarni. Yes Next Posting.  Insha Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamiin

Marhaban Ya Ramadhan 1444 Hijriah

  • Salam Literasi
  • BHP, 21 maret 2023
  • YPTD

.

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan di tingkat tertinggi dalam diri manusia. Betul sekali bapak, bagi saya pribadi lebih kepada berbagi kepada anak cucu dan orang lain. Segala ilmu yang kita miliki jika hanya disimpan saja kurang bermanfaat.
    Terima kasih atas pelajaran yang di bagikan.