Keistimewaan Sedekah Subuh

Kotak amal terletak di ruang tengah rumah 

 

Keistimewaan Sedekah diwaktu Subuh

Referensi : Badan Zakat Nasional

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Prolog

Sesuai nasehat Almarhum Ayahanda Haji R. Dahlan bin Affan Lakukanlah terlebih dulu sesuatu amalan kebaikan sebelum Ananda syiar  mengajak orang lain beramal

Sedekah subuh adalah amalan sedekah yang dilakukan pada waktu khusus, yaitu waktu subuh.

Sedekah subuh sama seperti sedekah pada umumnya yaitu memberi sesuatu kepada orang yang berhak menerima dan membutuhkannya.

Keistimewaan sedekah subuh masih jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu pada saat seorang muslim melakukan sedekah subuh, malaikat turun ke bumi dan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut.

Hal ini disebutkan dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Bukhari Muslim dari Abu Hurairah ra., beliau berkata, Nabi Muhammad SAW. bersabda,

“Setiap awal pagi saat matahari terbit Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah. Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Ketentuan batas waktu sedekah subuh

Sedekah subuh pada saat usai melaksanakan shalat subuh hingga saat terbitnya matahari.

Cara melaksanakan sedekah subuh:

  • Jika melaksanakan shalat subuh di masjid, dianjurkan mengisi kotak amal.
  • Jika shalat subuh di rumah, setelah melaksanakannya dapat mentransfer dana sedekah by mobile banking ke lembaga sosial atau kerabat
  • Jika usai shalat subuh dan keadaannya sedang di rumah, maka bersedekah kepada tetangga terdekat, orang yang lewat di depan rumah.

Manfaat

Banyak manfaat didapat bersedekah pada sedekah subuh. Surah al-Baqarah ayat 271 bahwa

“Kesalahan-kesalahan mu akan dihapuskan.”

Setiap pagi, dua malaikat berdoa. Satu malaikat mendoakan orang-orang yang berinfak, satu malaikat lagi mendoakan orang-orang yang bakhil.

”Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa,

“Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.” Dan malaikat yang lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mendapat Doa Rasulullah

Orang yang sedekah Subuh, pasti ia bangun pagi. Umumnya bangun sebelum fajar. Ketika seseorang bangun kemudian shalat Sunah Fajar setelah itu Shalat Subuh dilanjutkan bersedekah, ia mendapatkan doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban; shahih lighairihi)

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta,” sebagaimana sabda Rasulullah SAW  (HR. Muslim).

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

Hal ini merupakan janji Allah yang termaktub dalam surat Saba

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid:18)

Epilog

InshaAllah kami sekeluarga telah melaksanakan amalan sedekah subuh. Alhamdulillah tersedia kotak amal khusus di rumah untuk meletakkan dana sedekah bada shalat subuh dan siap di infaqkan kepada kerabat dhuafa.Terkadang transfer sedekah  by mobile banking kepada saudara / kerabat di luar kota.

Waallahualam bisawab

Semoga bermanfaat

  • Waalaikumussalam
  • Kamis 28 Maret 2024
  • 17 Ramadan 1445 H
  • TD

Tinggalkan Balasan