Bukber Berbasah – Basahan

Walikota Jakarta Timur M. Anwar, SSi, MAP di dampingi Camat Kramatjati dan Ketua RW 06 melewati genangan air menuju Masjid Baitur Rahman BHP

 

Buka Puasa Bersama Masjid Baitur Rahman Rabu 3 April 2024 bertepatan puasa hari ke – 23 Ramadan 1445 Hijriah. InshaAllah akan hadir Bapak M. Anwar, SSi, MAP  Walikota Jakarta Timur, Camat Kramatjati, Lurah Dukuh  dan jajaran  serta warga RW 06 Perumahan Bumi Harapan Permai.

Ketika akan berangkat dari rumah awak kaget melihat jalan di depan kediaman banjir. Hujan sebenarnya tidak begitu deras namun Kali Cipinang meluap sehingga melimpah di jalan Bumi Pratama VIII. Bersegera memakai sepatu dan siapkan payung. Menggulung ujung celana hingga ke lutut menerobos  arus banjir.

Arus air lumayan deras, awak berjalan agak pelan menyeret kaki agar tidak terjatuh. Sampai diujung jalan memasuki Jalan Boulevard ketinggian banjir hampir se lutut.  Arus Banjir semakin deras.  Awak memanggil Petugas PPSU sedang siaga.  Minta tolong menuntun melewati arus  banjir.  Sementara beberapa mobil dan motor bergerak perlahan memasuki area parkir Masjid Baitur Rahman.

Tampak Pak Camat, Ibu Lurah Dukuh serta Ketua RW 06 Bapak Adityawarman serta Ketua Umum Masjid Haji Maman di beranda Masjid.  Hujan tampaknya semakin deras.  Sebagian warga telah hadir dan anak anak yatim ber shalawat di bagian dalam masjid.

Petugas Masjid dan ibu ibu  sibuk menyiapkan makanan dan minuman buka puasa.  Air mulai menggenangi beranda masjid.  Pak Haji Maman mengarahkan agar kegiatan Bukber di pindahkan ke dalam masjid. Waktu menunjukkan pukul 17 15.  Ustazd Hadiri meminta seluruh jamaah memsuki masjid dan acara dimulai.

Tausyah oleh Ustazd menjelaskan perihal bagaimana kita menyikapi musibah banjir,  Sangat sederhana dengan rumus 2 H 1 N.  Hadapi, Hayati dan Nikmati.  Bukankah setiap peristiwa di muka bumi ini atas takdir Allah SWT.  Bersebab hal itu mari kita hadapi dan hayati dan nikmati agar suasana hati tenang  dan nyaman.

Waktu buka puasa tiba,  Hadirin terutama anak anak yatim tampak gembira menimati sajian makanan dan minuman nan sangat beragam disediakan panitia. Inilah konsep Bukber yang benar.  Hadirkan anak anak yatim agar mereka juga bisa menikmati makanan enak dan sekaligus menerima santunan. Jangan sampai Bukber mewah melupakan atau mengabaikan kepedulian kepada sesama.

Setelah itu dilaksanakan Shalat Maghrib berjamaah.  Bapak M. Anwar, SSi, MAP Walikota baru saja tiba menembus kemacetan dan hujan.  Disambut warga, beliau menggulung ujung celana melangkah melewati genangan air .

Setelah Shalat, Bapak Walikota dan Ketua Yayasan Masjid Baitur Rahman Haji Amier Hartono menyerahkan secara simbolik santunan untuk anak yatim, Kemudian  Pak Walikota menyampaikan sambutan berupa ungkapan permohonan maaf karena terlambat tiba di acara bukber keliling Pemda Jakarta Timur. Himbauan agar Warga menjaga kesehatan terhindar dari penyakit demam berdarah karena kasus sedang meningkat di jakarta.

Acara dilanjutkan makan bersama diruang kantor masjid. Sementara itu air semakin naik memasuki bagian dalam masjid. Bersebab hal itulah shalat Isya sementara di tunda demikian juga shalat taraweh karena situasi  dan kondisi tidak memungkinkan.  Karpet dan sajadah digulung, Marbot sibuk menjaga agar aliran air banjir kiriman ini tidak merusak fasilitas masjid.

Hujan semakin lebat dan air hampir menggenangi seluruh bagian Masjid. Walikota dan seluruh pejabat Pemda mohon diri untuk melaksanakan agenda tatap muka dengan warga di Kecamatan tetangga Bambu Apus.

Tiba tiba lampu padam. PLN sengaja memutuskan aliran listrik untuk menjaga kemungkinan terjadi segala sesuatu ynag tidak diinginkan. Lengkaplah sudah cobaan hari ini.   Masjid gelap gulita.  Jamaah mengakifkan aplikasi senter ponsel.

Awak pun bergerak pulang   Bersama Pak Haji Sofyan berpegangan tangan menempuh menerobos air setinggi paha,  Haji Maman, Pak Pri dan Pak Bambang Suncono serta Pak Mulyono bersama kami pelan pelan saling berpegangan tangan agar tidak tergelincir menuju kediaman masing masing.

Jalan Boulevard air sangat deras sekali.  Arus air ini sangat terasa menerpa  kaki,  Para lansia super hati  – hati supaya tidak jatuh terjerembat.  Resiko khuatir hanyut bisa saja.  Alhamdulillah akhirnya tiba di rumah.  Genangan air terus naik.  Harapan semoga dahsyatnya banjir tidak sampai masuk kedalam rumah

Angka curah hujan melebihi biasa ditengarai pula hujan di Bogor.  Air kiriman menerpa kota Jakarta.  Tanggul Kali Baru dekat simpang hek Kramatjati jebol sehingga arus deras air dari kawasan Kelurahan Dukuh khusus BHP agak lambat tersendat.

Demikian Bukber berbasah basahan.  Satu pengalaman seru akan menjadi kenangan sepanjang masa. Niat ibadah,  silaturahmi dan berbagi telah terwujud walaupun situasi kondisi banjir Alhamdulillah tetap semangat,

Semoga Allah SWT melindungi saluruh warga BHP dan sekitarnya dari musibah dan bencana alam. Banjir besar terakhir tejadi 1 Januari 2020. Alhamdulillah 2  waduk sudah berfungsi di kawasan Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur.

  • Salamsalaman
  • BHP. 4 April 2024
  • TD

Tinggalkan Balasan