Tempino Lebaran Buku

Bersama Drg Ibnu Fahmi

Pengertian Kampong halaman menurut awak beda dengan tanah kelahiran. Kampong halaman ada di 2 tempat.  Bengkulu dan Sumatera Barat sesuai dengan asal kampong Almarhum Ayahanda Haji Dahlan bin Affan dan Ibunda Almarhumah Hajjah Kamsiah binti Sutan Mahmud.

Ibunda dan Ayahanda ditadirkan bersua dan  berjodoh di Tempino Jambi. Qadarullah kami 5 saudara sekandung lahir di tanah Jambi. Itulah sebabnya awak selalu memakai kosa kata tanah kelahiran di banding kampong halaman.

Bersama Ustazd Hisyam

Jadi ketika ditanya, anda berasal dari mana ? Maka jawabannya panjang seperti nan sobat maklumi sesuai penjelasan di paragraf diatas. Darah Minangkabau  dan darah Raden Bengkulu mengalir ditubuh kami 5 saudara.  Tujuan mudik utama tetap ke Tempino Jambi kemudia ke Lintau Baatusangkar Sumbar dan desa Seblat Bengkulu.

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H seperti tahun tahun nan lalu kami sekeluarga ke Tempino Jambi.  6 Hari 5 malam berada ditanah kelahiran sungguh suatu suasana nan menggembirakan .  Mengembalikan kenangan ketika selama 18 tahun mukim di Tempino(1952-1970)

Koleksi Buku Perpustakaan Kasidah

Sebelum berangkat ke Jambi ada 2 pesan awak terima melalui media sosial.  Pertama dari Adinda AKBP (P) Drg Ibnu Fahmi, kedua dari Ustazd Hisyam. Alhamdulillah 2 saudaraku ini berharap mendapat hadiah buku.

Drg Ibnu Fahmi sesuai pesanan mendapat 3 buah buku.  Buku Khotbah Jum’at (2) dan Tuntunan Shalat.  Pasalnya Adinda yang mukim di Jambi saat ini mendapat amanah menjadi Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di kawasan Thehok Kota Jambi.

 

Perpustakaan Kasidah Tempino Jambi

Ustazd Hisyam Penyuluh Kantor Urusan Agama Kecamatan Sebapo dan Pembina Pesantren Darut Tauhid Tempino.  Beberapa buku hadiah dari Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD).  Semoga buku agama diletakkan di Perpustakaan Pesantren bermanfaat bagi para santri.  Aamiin.

Alhamdulillah sejak tahun 2015 Tempino memiliki sebuah Perpustakaan.  Perpustakaan Kasidah merupakan wakaf dari Keluarga Besar Hj Kamsiah dan H, Dahlan atas inisiatif  Uni Husna Darwis bin Dahlan (Almarhumah).

Penggagas Perpustakaan Keluarga

Almh Hj. Husna Darwis binti Haji Dahlan

Bisa jadi inilah satu satunya Perpustakaan Keluarga yang ada di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Keberadaan Perpustakaan Kasidah dirasakan manfaat bagi anak anak SD, SMP dan SMA Tempino dalam menambah referensi pelajaran mereka.

Buku buku awak tersimpan di Perpustakaan ini.  Selain itu buku tersimpan pula di Perpustakaan Hj. Husna Dahlan  Taman Cimanggu Bogor serta Perpustakaan Keluarga di kediaman BHP Kelurahan Dukuh Kramatjati  Jakarta Timur

Semangat menyumbang diranah pendidikan  melalui buku. Upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas literasi terorganisir pada penerbit YPTD. Alhamdulillah 268 Judul Buku ber ISBN tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Propinsi DKI Jakarta.

Mudah mudahan bermanfaat.  Aamiin

  • Salam Literasi
  • BHP, 4 Mei 2023
  • YPTD

 

Tinggalkan Balasan