oleh

Wujud Komitmen YPTD menerbitkan Buku ber ISBN Tanpa Biaya

-Humaniora, Media-Telah Dibaca : 735 Orang
Inilah wujud Komitmet Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) menerbitkan Buku ber ISBN tanpa biaya ketika mencetak 5 buah Buku Penulis Syed Taufikuieks dan Mukti Ali.

Rabu 16 September 2020 Penulis bersama Uda Dian Kelana dan Sohib Taufikuiek berada di Buring Digital Print Jl Margonda Raya Depok. Kami memang berjanji bertemu untuk menuntaskan tugas mencetak buku Jejak Langkah Baitullah dan buku Mengapa Orang Arab Tidak Suka Sendok.

Berangkat dari Niat Keluarga Besar Petokayo dalam rangka mengawal amanah Almarhumah Hj Husna Dahlan, SH tujuan di dirikan nya YPTD adalah untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia.

YPTD fokus membantu para penulis untuk menerbitkan Buku ber ISBN (International Standard Book Number) Tanpa Biaya.

Sejak Program dicanangkan kepada Publik 19 Agustus 2020 YPTD telah menrbitkan 10 Buku dari para penulis yang terdiri dari Dosen, Pengusaha, Karyawan dan Jurnalis.

Dana Operasional YPTD berasal dari Wakaf Keluarga Besar Petokayo khusunya Almarhumah Hj Husna Darwis binti Haji Dahlan. Selain itu bantuan donasi dari teman teman sehingga progres menerbitkan Buku tanpa biaya bisa berjalan sesuai rencana.

Guna lebih memantapkan Program Literasi YPTD maka sebagai sarana komunikasi dan promosi dibuat website : terbitkanbukugratis.id Website beranggotakan para penulis baik yang sudah menerbitkan buku maupun masih berproses mengumpulkan tulisan nan terseak di media sosial.

Sesuai dengan komitent YPTD menerbitkan Buku dalam bentuk :

  1. Program A : Buku Kumpulan Artikel di website terbitkanbukugratsis.id sebulan sekali (kompilasi)
  2. Program B : Buku dari para Penulis yang telah menyiapkan naskah untuk segera diterbitkan
  3. Program C : Buku dari Penulis yang posting di website terbitkanbukugratis.id telah mencapai 40 Artikel

1 Bulan sejak Launching Program A telah berhasil ditebitkan Buku Kompulasi Jilid 1 berupa kumpulan posting para Penulis di website YPTD . Rencana selanjutnya setiap Bulan akan diterbit buku kroyokan mengingat sampai saat ini jumlah posting semakin meningkat.

Sedangkan Program B Alhamdulillah telah diterbitkan 20 Buku sejak berdirinya YPTD 29 Juli 2019. 10 Buku pertama adalah karya Thamrin Dahlan sedangkan 10 buku terakhir buku karya teman teman penulis.

Proses menerbitkan buku di mulai dengan tahapan awal YPTD mengajukan permohoan ISBN ke Perpustakaan Nasional. Sebagai Badan Hukum (legal Standing) YPTD merupakan Penerbit Buku memiliki wewenang mengajukan Lisensi ISBN.

Proses selanjutnya setelah mendpat ISBN YPTD mencetak 5 Buah Buku tanpa biaya. Distribusi Buku tersebut 2 Buku Untuk koleksi Perpustakaan nasional, ! Buku Untuk YPTD sedangkan sisanya yaitu 2 buku menjadi milik Penulis.

Selain itu Penulis. mendapat soft copy atau file digital Buku. Dengan demikian ketika Penulis ingin memprbanyak Buku karyanya bisa secara mandiri misalnya untuk di jual atau sebagai hadiah. Artinya YPTD memebrikan Master Buku bersebab hak cipta buku ada pada Penulis.

Program C merupakan Program jangka panjang. Posting tulisan di website terbitkanbukugratis.id bukan sekedar mengirim artikel saja. Namun lebih jauh dari itu ketika jumlah tulisan mencapai 40 artikel maka secara otomatis YPTD menerbitkan buku atas nama penulis tanpa biaya.

Bisa jadi Program C merupakan kelebihan sekaligus keunggulan menulis di YPTD dibanding dengan penyedia jasa website lainnya di media sosial.

Pengurus dan Admin Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan berupaya keras memperjuangkan Literasi Indonesia sesuai misi dan visi yaitu membantu menerbitkan buku ber ISBN tanpa biaya.

Kami yakin atas berkah rahmah dan kasih sayang Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa Program YPTD bersama saudara saudara seperjuangan mendapatkan kemudahan dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa. Aamiin.

Salamsalaman

BHP, 16 September 2020

YPTD

Komentar

Tinggalkan Balasan