Karakter Asli Capres Muncul di Arena Debat Perdana

Awak bersengaja tidak membaca dan menonton video di media sosial perihal tanggapan netizen terkait Debat Perdana Paslon Capres -2024.  Pasalnya ingin menyampaikan aspirasi objektif dan  orisinil. Tujuan agar opini tidak terpengaruh celoteh para netizen.

Itulah sebabnya posting ini di share agak sore setelah menonton ulang  tayangan lengkap debat berdurasi 150 menit. Tujuannya tidak lain berkontibrusi memberikan tanggapan netral berdasarkan  niat positif sebagai warga negara sesuai azas Demokrasi Pancasila.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo merupakan warga negara terbaik.  Nilai terbaik dari Sistem Ketata Negaraan bersebab Beliau bertiga telah lolos seleksi adminstrasi  sehingga ditetapkan KPU sah menjadi Calon Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Debat perdana digelar di kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakpus, pada Selasa (12/12/2023). Debat mulai pukul 19.00 WIB. Tema debat perdana untuk capres : pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan total durasi debat 150 menit, terdiri 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit iklan. Debat terbagi atas 6 segmen setiap segmen terdapat tiga pertanyaan panelis  dibacakan moderator.

Pada kesempatan ini awak lebih tertarik menelisik segmen terakhir debat.  Sessi ini merupakan pertanyaan langsung dari masing masing Calon Presiden. Tentu saja Paslon dan Tim Sukses jauh jauh hari sudah menyiapkan pertanyaan spesial kepada kompetitor.

Menurut pengamatan awak Capres  nomor urut 1 dengan latar belakang Akademisi dan Intelektual menjawab secara sistematis. Visi Misi diuraikan dalam narasi runtut mudah dipahami berdasarkan fakta situasional nasional.

Gestur Anies Baswedan cukup tenang.  Tidak tergagap menyampai kan pertanyaan apalagi ketika menjawab pertanyaan menyangkut kinerja selama menjabat Gubernur DKI.  Seluruh pertanyaan dapat dijawab setelah menyampaikan latar belakang peristiwa dan menyampaikan solusi permasalahan.

Capres Nomor Urut 2 berlatar belakang militer sangat tegas.  Tegas dalam sikap dan menyampaikan narasi  cendrung suara keras.  Penguasaan setiap masalah disampaikan oleh panelis dan kompetitor dijawab berdasarkan pengalaman ber demokrasi dan di kabinet. Beberapa kali menegaskan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi dan berjanji akan meneruskan Program IKN

Gestur Prabowo Subianto dalam usia 72 tahun tetap terlihat semangat juang. Bisa jadi kecintaan Beliau kepada tanah air nyaris mencapai peringkat seorang negarawan bersebab tetap ingin memimpin Indonesia Raya. Dengan demikian bisa dipahami terkadang terlihat gerakan tubuh terutama tangan (seperti menari atau bersilat) menyertai  dan melengkapi narasi nan disampaikan.

Calon Presiden nomor urut 3 pemampilan sederhana. Bisa jadi pengalaman sebagai Anggota DPRRi dan 2 periode Gebernur Jawa Tengah memperkaya narasi nya pada setiap hajad hidup rakyat. Kekompakan dengan Cawapres sangat kentara bersebab beberapa kali menyebut prestasi Mahfud MD terutama d bidang Hukum.

Gestur Ganjar Pranowo terlihat santai, tidak terlalu tegang. Postur tinggi langsing rambut putih rata.  Terus terang awak kaget juga ketika Beliau (berani) bertanya kepada Pak Prabowo terkait masalah pelanggaran HAM. Entah apakah ada niat memojokkan atau sekedar klarifikasi. Hanya Tim Sukses bisa menjawab.

Nah sudah.  Karakter asli Calon Presiden 2024  sudah awak sampaikan. Secara psikologis wajar karakter dasar seseorang akan muncul ketika dalam kondisi tertekan atau terdesak. Tanpa disadari cendrung emosional .

So pasti karakter itu tidak semua jelek.  Ada sisi baik seperti ketika Prabowo Subianto menyampaikan narasi setuju pendapat Anies Baswedan terkait penegakan hukum berkeadilan.

Sabar, masih ada 4 sessi debat lagi.

  1. Debat kedua: 22 Desember 2023
  2. Debat ketiga: 7 Januari 2024
  3. Debat keempat: 21 Januari 2024
  4. Debat kelima: 4 Februari 2024

Rakyat pemilik hak suara dimanapun bermukim masih menunggu selesai acara debat ditengah riuh gemuruh kampanye. Pilihan pasti jatuh kesalah satu Paslon. Siapa dia, Rahasia. Pesan KPU awak sampaikan juga disini : jangan golput.

  • Salam Literasi
  • BHP, 13 Desember 2023
  • TD

 

 

 

Tinggalkan Balasan