Senyum Gubernur Sumbar

Catatan Thamrin Dahlan

Setiba di Bandara Minangkabau para tetamu khusus perantau disambut senyum rancak Gubernur Sumatera Barat. Disertai sapa salam pantun selamat datang;

Pohon beringin tumbuh ditaman
Patahlah daun menimpa pemukiman
Kami ingin perantau nyaman
Menikmati keindahan kampung halaman.

Nantilah awak balas pantun ini di akhir tulisan. Balasan nan elok pula untuk menyenangkan Pak Gubernur sesuai apo apo nan dilihat rasakan.

3 cucu bersigap mengambil troyer. Tampaknya mereka sudah terbiasa menunggu koper koper yang beringsut keluar dari perut pesawat terbang. Inilah gaya anak kota ketika mendapat kebebasan di area publik meniru apa saja yang dilihat.

Pulang kampung liburan akhir tahun dimanfaatkan keluarga parantauan untuk menikmati lagi suasana masa lalu. Memanjakan Pancasila indra mata telinga dan lidah nan lah lamo terlupakan nyaris ditinggalkan.

Carter kendaraan plus sopir merangkap guide pandai Bahaso Minang satu keputusan tepat. Toyota Hiace nyaman memuat 9 wisatawan meluncur ditengah keramaian kota Padang. Tujuan pertama mengikuti siklus tubuh pada waktu PKL 13.30 makan siang. Rekomendasi guide ke resto Lamun Ombak pada lintasan perjalanan menuju Kota Bukittinggi.

Nama resto ini sangat ber beda dengan rumah makan Padang pop seperti sederhana, pagi sore, siang malam, simpang raya atau salero bagindo. Ramai sekali pengunjung, bisa jadi karena tempat strategis dipinggir jalan dan tepat pula dengan waktu melawan lapar setelah terbang ber jam jam.

Lengkap semua lauk pauk khas Minang. Rendang dan teman temannya terasa nikmat dengan tolok ukur makan batambuah ciek (tambah sepiring). Cita rasa nikmat kuliner luar biasa laiknya di lamun ombak. Terayun ayun goyang lidah terutama Cucunda Azka.

Sampai disini dulu. Masih ada lanjutan liputan Lembah Anai, Sate Mak Syukur dan Jam Gadang. Sarapan pagi di Hotel Balcone ditengah kabut sembari persiapan silaturahim ke Lintau Buo .

Nah ini dia balasan Pantun untuk Bapak Mayeldi Ansharullah Gubernur Sumbar.

Indah Alam Sumbar aman nyaman
Nikmat Makanan selera baginda maimbau
Anugerah atas kasih sayang Tuhan
Terima kasih Pak Gubernur  menjaga kelestarian Minangkabau

 

Salam Minang Maimbau
Bukittinggi, 24 12 23
TD

Tinggalkan Balasan