Jalan Paling Aman Adalah Tampil Apa Adanya

Terbaru0 Dilihat
ilustrasi : dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi

Hidup Tanpa Topeng Jalan  Menemukan Aktualisasi Diri

Tampil tanpa topeng bearti menunjukkan jati diri kita yang sesungguhnya. Dalam kata lain,  dalam bahasa non verbal kepada siapapun yang menjumpai kita: ”Inilah saya, apa adanya”

Hal ini menghadirkan hidup yang damai dan pikiran yang tenang, Kita tidak perlu sibuk mengganti topeng ,untuk menutupi wajah kita ,yang mungkin saja sudah mulai keriput dimakan usia. Dan tidak perlu malu , orang mengetahui bahwa kita sudah tidak muda lagi.

Daripada kita gonta ganti wajah .tampil dengan wajah yang mulia kemudian berubah wajah yang sok memberikan petata petiti sana sini. Padahal lain yang dikatakan,lain yang dilakukan

Pribahasa kuno mengatakan: ”Sepandai pandainya membungkus bangkai, yang busuk akan terbau juga” banyak orang mengganggap pribahasa ini sudah kuno Padahal tetap saja up todate untuk dijadikan renungan diri. Namun orang sibuk berpacu dalam menimbun kekayaan dan mengorbitkan popularitas, sehingga orang tidak lagi sempat memberikan kepada diri sendiri, untuk merenung diri.

Akibatnya sudah dapat diramalkan banyak orang yang terjebak oleh kepalsuan hidup. Berlindung dari satu topeng ketopeng lainnya. Bahkan kalau perlu menjadikan apa saja, sebagai sarana untuk memuaskan dahaganya akan kekuasaan dan materi.

Hingga tiba saatnya terkandas dan terhempas dan tidak lagi mampu meraih topeng, menutupi kepalsuan diri.

Contoh contoh hidup lebih dari cukup. Orang yang tadinya merupakan idola masyarakat, bahkan menjadi panutan yang di elu elukan, ternyata hidunpnya berakhir dibui.

 

ilustrasi : dokumentasi tjiptadinata effendi

Orang Tidak Mau Belajar dari Hidup
Sesungguhnya, pelajaran hidup selalu berharga untuk disimak, karena memberikan kita kesempatan untuk meraih butir butir pencerahan..

Sesungguhnya, kita bisa belajar dari siapa saja. Bahkan dari orang orang yang kita anggap melakukan pekerjaan “rendah”. Karena belajar dari universitas kehidupan, memberikan kita peluang untuk meraih pencerahan diri. Untuk senantiasa bersyukur atas segala sesuatu yang sudah kita miliki

Untuk memahami arti dan makna hidup itu sendiri,untuk mencapai aktualisasi diri.Jalan satu satunya adalah membuang semua topeng topeng kepalsuan, yang selama ini menutupi wajah kita . Mulai mengawali hidup dengan menampilkan apa adanya. Tampil dengan jati diri kita yang sebenarnya, tanpa ada yang disembunyikan,
Sehingga ,orang tidak akan pernah merasa menyesal pernah bersahabat dengan kita, karena sejak dari awal ,kita sudah membukakan diri kepada mereka: ”inilah saya, apa adanya”

 

Ilustrasi : dokumentasi tjiptadinata effendi

Tampil apa adanya berarti menjadi diri sendiri tanpa menyembunyikan atau memalsukan diri dalam interaksi sosial. Hal ini memungkinkan kita untuk hidup dengan bebas dan tanpa rasa khawatir bahwa suatu saat topeng kita akan terbongkar.

Ketika kita berusaha menyembunyikan diri atau memalsukan diri dalam interaksi sosial, kita menghabiskan banyak energi untuk menjaga topeng tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan, kecemasan, dan ketidaknyamanan emosional. Namun, ketika kita tampil apa adanya, kita tidak perlu menyembunyikan apapun dan bisa hidup dengan lebih tenang dan damai.

Ketika kita tampil apa adanya, kita juga menghadirkan kedamaian dan ketenangan dalam hidup. Kita tidak perlu berpura-pura atau menyembunyikan bagian dari diri kita yang mungkin dianggap tidak populer atau tidak disukai oleh orang lain. Kita bisa memilih untuk menjadi diri sendiri, memperlihatkan kelebihan dan kekurangan kita, dan menerima diri kita dengan segala kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan rasa bahagia dalam hidup.

Selain itu, tampil apa adanya juga memungkinkan kita untuk membangun hubungan yang lebih autentik dan bermakna dengan orang lain. Saat kita tidak memalsukan diri dan menjadi diri sendiri, orang lain dapat melihat dan mengenal kita dengan lebih baik, dan hubungan yang terbentuk akan lebih mendalam dan jujur.

Namun, perlu diingat bahwa tampil apa adanya bukan berarti tidak menghargai norma sosial atau tidak mempertimbangkan perasaan orang lain. Kita tetap perlu memperhatikan norma-norma sosial dan mempertimbangkan bagaimana tindakan kita akan mempengaruhi orang lain. Namun, ketika kita tampil apa adanya, kita bisa menyesuaikan diri dengan norma sosial tersebut tanpa harus merubah diri kita secara fundamental.

Secara keseluruhan, tampil apa adanya dapat membawa banyak manfaat, termasuk mengurangi stres dan meningkatkan rasa bahagia, membangun hubungan yang lebih autentik dan bermakna dengan orang lain, serta memungkinkan kita untuk hidup dengan bebas dan tanpa khawatir topeng kita akan terbongkar.

Pengalaman Pribadi

Semua orang tahu,bahwa saya terlahir dari keluarga sangat sederhana. Ayah saya bekerja sebagai Sopir Truk antar kota dan kemudian menjadi Kusir Bendi. Saya sama sekali tidak perlu merasa risih ,apalagi malu bila diketahui orang lain.  Karena walaupun kami berasal dari keluarga miskin,tapi tidak pernah mengambil sesuatu yang menjadi hak orang lain.

Burns Beach ,Western Australia ,01 February ,2023

Tjiptadinata Effendi

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan