KMAA#2. Devinisi dan Pengertian Guru

Toad Isbani | Rabu, 25 Agustus 2021

Secara umum, Pengertian guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik.

Definisi guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya. Dari penjelasan tersebut, maka kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya. (Prawiro, 2018)

Banyak sekali definisi, pengertian dan arti dari guru. Guru memanglah seorang yang yang berprofesi sebagai pendidik. Pendidik yang fokus dalam membimbing, mengarahkan peserta didik untuk mencapai segala impian dan harapannya. Dimasa sekarang ini banyak guru yang sedang diuji dengan berbagai permasalah. Masa pandemi ini akan semakin mendewasakan guru dalam peranannya sebagai pendidik yang menjadi ujung tombak maju pendidikan di Indonesia.

Masa pandemi virus corona yang mewabah di era digital dan pesatnya perkembangan teknologi, menjadikan gempar dan permasalahan diberbagai bidang kehidupan. Dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul di bidang teknologi dan informasi untuk mengatasi hal yang sekarang ini terjadi. Peran para guru yang dapat menguasi teknologi pastilah menjadi tumpuan untuk mengefektifkan proses belajar dan mengajar di masa pandemi. Orang yang bertugas dan berprofesi menjadi guru hendaknya tidak hanya pintar dan pandai dalam hal ilmu pengetahuan saja, akan tetapi haruslah menjadi seorang pendidik yang benar-benar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dan mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik dalam situasi apapun dan di manapun.

Sosok guru adalah seseorang yang mampu memberikan solusi pemecahan berbagai masalah dan dapat mendidik juga membimbing dari manapun berada dalam situasi daruratpun.  Seorang guru sekarang dihadapkan pada tuntutan zaman yang semakin berat, guru sebagai pendidik haruslah mampu mengembangkan kepribadian dan membentuk karakter yang baik dalam menghadapi dinamika perubahaan yang berkembang semakin pesat. Pendidikan sekarang tidak hanya pendidikan akademik akan tetapi berkembang pada pendidikan karakter, moral dan budaya yang mencerminkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan. Seorang pendidik juga harus mengerti bahwa pembelajaran haruslah dikaitkan dengan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara tentang hidup harus “ngerti, ngrasa dan nglakoni” (mengerti, merasakan dan melakukan). Perlu adanya ajaran tentang cita-cita hidup yang diperlukan pengertian, kesadaran serta kesungguhan dalam melakukan dan dalam memperjuangkannya.

Tinggalkan Balasan