EVERY DAY ANYTIME HANDPHONE BERPENGARUH TERHADAP GENERASI MILENIAL

Terbaru67 Dilihat

EVERY DAY ANYTIME HANDPHONE BERPENGARUH TERHADAP GENERASI MILENIAL

Perkembangan teknologi komunikasi ini tidak lepas dari pengaruh yang ditimbulkan oleh arus globalisasi dunia yang makin gencar masuk ke dalam kehidupan kita. Sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk mengakses berbagai macam informasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada awalnya alat komunikasi handphone ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu yang mampu membelinya, karena harganya yang mahal.

Namun kini, dapat kita jumpai dengan mudah orang-orang yang mempunyai handphone, bahkan saat ini telah tersedia handphone yang dilengkapi internet dengan berbagai bentuk dan merek dari yang paling murah sampai yang paling mahal di toko-toko gadget. Tidak hanya di kalangan orang dewasa, anak-anak , dewasa telah dipegangi handphone yang tidak kalah canggih oleh orangtua mereka.

Di satu sisi bisa berdampak positif, yakni semakin cepatnya generasi milenial mengakses berbagai informasi, pengetahuan, dan pada akhirnya meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Memperluas jaringan pertemanan, mempermudah komunikasi.

Namun, di sisi lain, teknologi informasi itu bisa berdampak negatif dengan mudahnya generasi milenial mengakses pornografi, kekerasan, radikalisme, dan berbagai informasi menyesatkan lainnya, yakni  hoax. banyak juga orang-orang yang kecanduan bermain game gadget baik dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Fenomena penggunaan gadget seakan-akan memiliki dunianya sendiri. kita lihat ditempat-tempat umum, seperti di stasiun kereta api misalnya,apa yang dilakukan orang-orang selagi menunggu kereta? Mereka menunduk di atas gadgetnya masing-masing, mulai jarang ditemui orang-orang yang semula tidak saling mengenal kemudian akrab, akibatnya didunia nyata menjadi gagap dalam berinteraksi.

Tak heran bila aktivitas mereka pun banyak ditopang penggunaan gadget. Salah satunya laptop. Mengerjakan tugas kantor, tugas sekolah, bisnis, main game, semua dilakukan melalui laptop.

Penggunaan gadget yang berebihan hanya akan membuang waktu secara sia-sia, seringkali kita memeriksa media sosial padahal tidak ada notifikasi apapun. Atau meng-update kegiatan sehari-hari di seluruh media sosial yang kita punya. Selain menghabiskan banyak waktu, kita jadi terlihat sibuk sendiri dengan aktivitas di dunia maya. Padahal banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di dunia nyata.

Fasilitas gadget dari media sosial juga mempunyai dampak buruk, media sosial yang paling sering digunakan para generasi muda saat ini adalah twitter, Path dan Instagram. Banyak sekali remaja menggunakan media sosial untuk mencurahkan hati atau sesuatu yang menurutnya harus di beberkan ke media sosial tanpa mempedulikan dampak yang akan timbul.

Memakai handphone sudah jadi kebutuhan kita. Mulai dari untuk urusan berkomunikasi sehari-hari sampai untuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. handphone bahkan sudah jadi barang kebutuhan primer. Rasanya nggak bakal tenang hidup tanpa handphone. Apalagi di masa pendemi covid-19 ini semuanya diharuskan untuk menggunakan online dalam pembelajaran . walupun lama kelamaan pembelajaran melalui daring itu melelahkan , materi yang didapatkan kurang dapat dipahami , mata cepat lelah jika menatap laptop/ handphone terlalu lama.

Cuma memang kita perlu memperhatikan situasi dan kondisinya. Tak jarang juga saat kita sedang kumpul dengan teman malah sibuk dengan Hp masing masing , Jangan sampai kita malah melukai perasaan teman kita karena saat sudah tatap muka kita malah sibuk sendiri dengan HP. Atau bila memang ada urusan pekerjaan dan hal-hal yang mengharuskanmu pakai HP saat kumpul bareng, coba komunikasikan dulu agar tidak salah paham.

Tak ada yang salah jika kamu memang harus menggunakan handphone selama berjam-jam jika memang mencakup produktivitas. Namun, kamu juga harus tahu batasan yang bijak. Pasalnya, menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama tak hanya dapat membuat mata lelah. Jadi mulai sekarang kita harus bisa mengunakan handphone bijak tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Tinggalkan Balasan