Sebuah Cerita Tentang Cita-Cita Virda Zakia

Gaya Hidup0 Dilihat

Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan nama saya Virda Zakia, saya lahir di Depok, 31 Oktober 2001. Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara. Saya lahir di keluarga sederhana. Saat ini adalah awal bagi saya untuk memasuki dunia perkuliahan, saya menjalani kuliah di salah satu Akademi Keperawatan yang ada di wilayah Jakarta, yaitu Akademi Keperawatan Polri.

Di saat masa kecil kita seringkali berkeinginan untuk menjadi seseorang yang hebat maka dari itu kita harus memiliki cita-cita yang akan kita raih pada suatu saat nanti. Sejak TK saya bercita-cita ingin menjadi dokter karena dulu saya tidak mengerti apa  arti dari cita-cita itu sendiri, yang saya tahu dokter adalah seseorang yang bekerja untuk mengobati orang lain. Dulu di TK hampir semua teman-teman saya bercita-cita ingin menjadi polisi, pilot, guru, dan juga dokter.

Lulus dari TK saya melanjutkan ke jenjang berikutnya, yaitu SD. Pada awal SD saya tetap bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Pada saat itu saya ingin menjadi dokter karena menurut saya dokter adalah sosok yang hebat karena dokter dapat mengobati orang yang sakit dengan jasa yang sangat berarti bagi orang lain. Saya tertarik menjadi seorang  dokter karena saya menyukai bidang kesehatan. Selain itu bercita-cita menjadi seorang dokter adalah hal yang sangat berarti bagi semua orang. Walaupun saya masih belum mengerti bagaimana perjuangan untuk menjadi seorang dokter, karena ternyata menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Waktu bergulir begitu cepat, pada saat saya duduk dibangku kelas 5 SD saya memiliki hobi memasak, saya sangat suka bidang kuliner. Beberapa orang terdekat saya juga mengusulkan hal itu. Sehingga saya berpikir untuk merubah cita-cita saya yang awalnya menjadi seorang dokter dan tiba-tiba berkeinginan menjadi seorang chef.

Setelah lulus dari SD saya melanjutkan Pendidikan ke jenjang berikutnya yaitu SMP, seiring dengan berjalannya waktu, cita-cita saya sewaktu SMP kini berubah kembali menjadi seorang dokter tetapi kali ini saya berminat untuk menjadi seorang dokter gigi yang artinya hanya berfokus pada masalah mulut dan gigi, saya berkeinginan menjadi dokter gigi karena saya tertarik untuk belajar mengenai bidang kedokteran yang difokuskan pada gigi. Selain itu saya juga sering menemukan orang disekitar saya memiliki masalah pada gigi nya. Sehingga sejak itu saya memutuskan untuk bercita-cita menjadi seorang dokter gigi agar bisa menolong orang lain terutama pada masalah yang berkaitan dengan mulut dan gigi. Saya juga mengikuti ekstrakurikuler PMR untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Kemudian, setelah lulus dari SMP saya melanjutkan Pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu SMA. Pada saat SMA saya menekuni bidang IPA dan cita-cita saya tetap ingin menjadi seorang dokter gigi. Di SMA saya juga aktif mengikuti ekstrakurikuler tari tradisional hingga mengikuti ajang perlombaan dan acara-acara penting lainnya. Pada tahun kedua di SMA cita-cita saya yang awalnya ingin menjadi seorang dokter gigi  tetapi dengan tiba-tiba saya tertarik ingin menjadi seorang ahli gizi dan juga seorang pengusaha kuliner. Saya tertarik pada ahli gizi karena saya ingin memperhatikan kondisi masyarakat Indonesia yang saat ini membutuhkan asupan gizi tertentu sesuai dengan kebutuhannya dengan cara memperhatikan makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi. Di samping itu saya juga tertarik untuk menjadi pengusaha kuliner karena saya senang memiliki hobi memasak.

Hingga pada waktu lulus SMA saya mengikuti ujian masuk PTN tetapi pada saat pengumuman saya gagal untuk lolos di PTN yang saya inginkan, tuhan memberikan saya pilihan yang terbaik. saya memutuskan untuk memilih Akademi Keperawatan. Karena menurut saya seorang perawat juga hebat seperti dokter. Saya juga sangat tertarik dengan bidang kesehatan, selain itu saya juga memiliki kerabat yang merupakan seorang perawat. Pada waktu itu kakek dan nenek saya mendukung saya untuk menekuni bidang keperawatan, orang tua saya pun ikut mendukung akan hal itu.

Suatu hari saya teringat pesan yang diberikan oleh kakek saya pada saat usia saya masih anak-anak, ia berpesan agar semua cucu-cucunya dapat menekuni bidang kesehatan pada saat besar nanti, yang bertujuan untuk menolong orang lain di bidang kesehatan. Sehingga saya yakin akan hal itu untuk melanjutkan pendidikan saya di bidang kesehatan, lebih tepatnya adalah berkuliah di Akademi Keperawatan.

Kemudian dihari berikutnya saya bertanya hal-hal mengenai Akademi Keperawatan kepada sepupu saya, kebetulan sepupu saya itu berkuliah di Akademi Keperawatan Polri dan saya diberikan informasi mengenai hal tersebut. Maka dari itu saya memilih Akademi Keperawatan Polri sebagai pendidikan yang akan saya tekuni dan bertujuan untuk menjadi perawat yang professional dalam bekerja. Saya sangat senang apabila membantu orang lain dalam proses penyembuhan dan menghadirkan senyuman pada pasien tersebut, karena perawat merupakan salah satu individu yang berperan dalam proses penyembuhan pasien tersebut. Selain itu, perawat juga merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan