Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia

Tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab sebagai akibat lanjutan dari pelaksanaan hak maupun kewajiban, Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melangsungkan hidup di dalam masyarakat.

Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya. Sebagai warga negara Indonesia, kita bertanggung jawab untuk membangun kesadaran hidup berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Bertanggung Jawab itu penting, sebagai warga negara Indonesia saya memiliki tanggung jawab pada negara Indonesia, pertama saya harus bertanggung jawab dalam memahami serta mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari contohnya yaitu beribadah dan berdoa serta menghormati antar pemeluk agama, bertanggung jawab dengan menolong orang lain ketika sedang kesusahan, bertanggung jawab dengan mencintai dan memakai produk dalam negeri, bertanggung jawab dalam bermusyawarah dan diskusi, dan bertanggung jawab dengan hak dan kewajiban.

Kedua, bertanggung jawab dengan cara mengembangkan pola hidup taat pada aturan yang berlaku, seperti pada saat naik kendaraan dengan mematuhi semua aturan yang berlaku misalnya menaati rambu-rambu lalu lintas, membawa kelengkapan surat kendaraan, memakai perlengkapan kendaraan yang diwajibkan seperti sabuk pengaman untuk pengendara mobil dan memakai helm untuk yang mengendarai sepeda motor.

Ketiga, bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sangatlah penting agar lingkungan di negara ini tetap terjaga dengan baik, seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dengan cara bergotong-royong antar orang lain serta bertanggung jawab ketika kita diberikan tugas dan menyelesaikannya dengan baik. Dengan ditanamkannya rasa tanggung jawab didalam diri kita maka itu akan mengubah diri kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam segala hal, sehingga orang lain pun merasa sangat dihargai.

Di SMA saya mengikuti ekstrakurikuler tari tradisional, tujuan dari hal tersebut adalah untuk bertanggung jawab  menanamkan rasa cinta kepada tanah air mengenai budaya yang berasal dari Indonesia itu sendiri. Sehingga tradisi budaya di Indonesia tidak menghilang begitu saja dan akan terus berkembang. Jika bukan generasi muda lantas siapa yang akan melestarikannya.

Selain itu, bertanggung jawab di lingkungan keluarga juga sangatlah penting, terlebih saya adalah seorang kakak yang memiliki adik perempuan. Menjadi anak sulung adalah tanggung jawab yg sangat besar karena anak sulung akan menjadi contoh untuk adik-adiknya kelak. Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia wajib memiliki tanggung jawab terutama untuk negara indonesia itu sendiri agar terciptanya individu yang bertanggung jawab.

 

Tinggalkan Balasan