Dampak Sosial Informatika

Wijaya Kusumah

Tahukah kamu dampak sosial informatika?

Pagi ini Omjay mengajar informatika untuk siswa kelas 7 dan 8 SMP Labschool Jakarta. Materinya tentang dampak sosial Informatika. Mata pelajaran Informatika adalah mata pelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Baru ada kembali setelah kawan-kawan guru TIK menyiapkan naskah akademiknya ke kemdikbud.

Seorang kawan guru Informatika SMP menyebarkan materi dampak sosial informatika melalui aplikasi video youtube. Kita bisa belajar dari video yang beliau bagikan. Mari kita tonton materinya. Supaya kita paham dampak sosial informatika. Baik sisi positif maupun negatif.

Dahulu mata pelajaran Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK) dihapuskan dalam kurikulum 2013, dan diganti mata pelajaran Prakarya. Para pejuang TIK terus berjuang agar mata pelajaran TIK kembali dalam kurikulum, alhamdulillah setelah 10 tahun berjuang tiada henti, akhirnya mata pelajaran ini kembali dengan nama baru Informatika. Sayangnya, belum diwajibkan untuk siswa sekolah dasar (SD). Baru diwajibkan untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK serta jenjang sederajat lainnya di bawah kemenag.

Informatika adalah sebuah ilmu yang seharusnya sudah diberikan dari anak usia dini hingga perguruan tinggi. Sebab setiap hari kita menggunakan ilmu informatika. Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan komputer untuk mengatur, dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Walaupun dalam pelaksanaannya tidak melulu menggunakan komputer, bahkan kita bisa belajar internet tanpa internet.

Tentu dalam perjalanannya akan ada dampak positif, dan dampak negatif dari informatika. Mereka yang menggunakannya untuk kebaikan, akan melahirkan kebaikan buat sesama. Namun, buat mereka yang menggunakannya untuk kejahatan, akan melahirkan kejahatan yang menyusahkan orang lain. Kita menjadi tidak nyaman dan aman belajar informatika.

Seorang siswa kelas 8 di SMP Labschool Jakarta, membuat tulisan bagus tentang dampak sosial informatika lengkap dengan contoh dan videonya. Silahkan anda baca di https://elizaelabs.blogspot.com/2024/05/sosial-informatika-a.html.

Dalam berinteraksi di media sosial, kita terkadang dibuat kecewa oleh orang lain. Tidak semua orang sepemikiran dengan kita. Seorang kawan yang baik hati, mengirimkan sebuah gambar. Isinya sangat bagus sekali.

“Jika setiap harapan berjalan sesuai rencana, kita tak akan pernah belajar bahwa kecewa itu menguatkan.”

sumber gambar Zahara

Ada banyak dampak sosial informatika dilihat dari sisi positif dan negatif. Hal ini Omjay baca dari laman detikedu. Anda dapat membaca secara lengkapnya di

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6996843/18-dampak-sosial-informatika-pelajar-mahasiswa-harus-tahu.

Dampak sosial informatika itu dari sisi positif antara lain:

1. Aktivitas keseharian
2. Pendidikan berbasis e-learning
3. Kesehatan
4. Perdagangan (E-Commerce)
5. Pekerjaan
6. Mengetahui Informasi dengan Cepat
7. Hubungan Jarak Jauh
8. Memudahkan Pemerintah dalam memberitahukan kebijakan
9. Membuat seseorang lebih terbuka

Dampak sosial informatika dilihat dari sisi negatif adalah sebagai berikut:

1. Merusak moral
2. Penyebaran informasi yang salah
3. Menurunnya kemampuan berpikir
4. Kecanduan internet dan Game
5. Cyberbullying
6. Berkurangnya aktivitas sosial
7. Berkurangnya aktivitas fisik
8. Potensi kehilangan pekerjaan
9. Potensi korban kejahatan

Salah satu dampak sosial dari informatika yang sangat terlihat dengan jelas adalah penggunaan media sosial seperti facebook, twitter (X), Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya. Sekarang ini media sosial memainkan peran penting dalam kolaborasi masyarakat digital. Kita harus berhati-hati dalam penggunaan media sosial.

Ingatlah selalu pesan Omjay, “Jarimu adalah harimau kamu.” Gunakan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat buat menambah pengetahuan dan pengalaman. Atau berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain. Seperti Omjay yang membagikan tulisannya di blog.

Media sosial merupakan salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi komputasi. Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, serta membagikan informasi tersebut dalam komunitas virtual.

Salah satu dampak positif media sosial adalah memudahkan masyarakat untuk mencari informasi. Pasalnya, pencarian di media sosial dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa batas. Ditambah lagi dengan maraknya kecerdasan buatan atau artifisial intellegen (AI) membuat orang dengan mudah melakukan pekerjaan.

Klarifikasi media sosial saat ini harus kita bedakan jenisnya. Media sosial memiliki banyak jenis yang menyebabkan sulitnya membuat definisi dan klasifikasi yang tepat.

Beberapa pakar media sosial sepakat untuk mengklasifikasikan media sosial sesuai keperluan masing-masing. Ada yang berbentuk foto, video, audio, dan teks. Kita tinggal memilih mana yang disuka. Omjay sendiri memilih blog untuk menciptakan informasi.

Dampak media sosial sekarang ini memang sudah merambah ke semua bidang khususnya bidang pendidikan. Media sosial saat ini memiliki pengaruh yang besar pada budaya masyarakat. Dalam pemilihan umum (pemilu) kemarin, sangat terasa dampaknya.

Oleh karena itu, ayo kita kampanyekan terus gerakan nasional literasi digital. Kita bisa belajar secara mandiri melalui lama siberkreasi. Kita bisa membaca 4 pilar modul literasi digital. Keempat pilar itu adalah Cakap, Aman, Budaya, dan Etika yang disingkat CABE. Kamu bisa membuka website https://gnld.siberkreasi.id/.

Riset atau penelitian yang sudah lama dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa media sosial digunakan selama rata-rata 5 jam per hari oleh penggunanya. Omjay belum membaca hasil penelitian terbaru secara detail. Saat ini Omjay sedang membaca hasil penelitian tentang pengaruh media sosial di laman di bawah ini.

https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79#:~:text=Sedangkan%20dampak%20negatif%20dari%20media,terhadap%20pengaruh%20buruk%20orang%20lain.

Media sosial memiliki sejumlah pengaruh positif yang signifikan pada kehidupan remaja. Salah satunya meningkatkan konektivitas sosial. Media sosial memungkinkan remaja terhubung dengan teman sebaya, anggota keluarga yang jauh, dan komunitas dengan minat yang sama.

Dampak Positif lainnya adalah :
1. Kedekatan sosial antar penggunanya
2. Mempermudah komunikasi
3. Media sosial memiliki platform yang dapat diisi dengan games

Adapun dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.

Dampak Negatif lainnya adalah:
1. Pengaruh terhadap kesehatan emosional.
2. Berita bohong atau berita palsu (hoaks).
3. Pencurian data.

Sebagai seorang pelajar atau masyarakat berpengetahuan, kita harus mengkaji dengan kritis semua informasi yang didapat dari media sosial. Salah satu hal yang paling banyak dilakukan pengguna di media sosial ialah berbagi dan meneruskan informasi yang berharga dan menghibur bagi orang lain. Terkadang ada yang suka dan memberikan apresiasi, dan ada pula yang tidak suka lalu marah. Kita harus tetap ramah menghadapinya.

Kita bisa belajar dari video cek fakta di bawah ini. Video ini adalah pemenang juara favorit pada lomba video yang diselenggarakan oleh Program Cek Fakta Mafindo. Mohamad Azis Suprapto adalah Juara favorit dengan tema video “Lindungi Keluarga Dari Hoaks”. Cek Fakta Dulu Baru Bicara.

Sebelum membagikan informasi melalui media sosial, kita harus mencermatinya agar tidak meneruskan informasi yang tidak benar. Cara untuk mengetahui berita bohong atau informasi palsu seperti berikut :

1. Mengembangkan Pemikiran Kritis
2. Memeriksa Sumber Informasi
3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain
4. Cek Validitas Gambar
5. Gunakan Akal Sehat

Demikianlah kisah Omjay kali ini tentang dampak sosial informatika. Lain waktu akan Omjay bahas secara mendalam dalam pelajaran informatika untuk siswa SMP. Semoga bermanfaat buat pembaca tulisan Omjay yang sederhana ini.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Tinggalkan Balasan