SMP Labschool Jakarta Menjadi Juara Umum di Perancis Dalam Acara Misi Budaya

Wijaya Kusumah

SMP Labschool Jakarta Menjadi Juara Umum Dalam Misi Budaya di Kota Paris, Perancis

sumber gambar dokpri

Alhamdulillah Misi Budaya SMP Labschool Jakarta terpilih menjadi Juara Umum. Hal ini terjadi untuk kali kedua Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta, Jakarta Timur, mengharumkan nama Indonesia di kancah festival folklore internasional.

Tahun ini, Tim MAJU Misi Budaya meraih penghargaan bergengsi di ajang International Competition & Festival of Folklore, Dance and MusicĀ “ETOILES DE PARIS”, yang digelar di Kota Paris, Perancis pada 31 Oktober 2023.

Tim ini berhasil meraih penghargaan Grand Prix Main Competitive and Festival Discipline : Folklore & Choreography Traditional Folk Performance / Groups. Dengan komposisi 11 orang penari, dan 3 orang tim pendamping dan pelatih, Tim MAJU Misi Budaya berhasil memukau dewan juri dan penonton di Kota Paris, Perancis, dengan menampilkan tari khas daerah Betawi dengan judul Tari Kedok Tiga.

Tari Kedok Tiga merupakan garapan tari baru yang diadaptasi dari sebuah pertunjukan Tari Topeng Tunggal Betawi dari daerah DKI Jakarta. Tari ini membawakan Tiga Karakter Topeng Panji (karakter lembut), Samba (karakter lincah), Jingga (karakter Gagah). Karakter dalam tarian tersebut merupakan cerminan dari semangat Sumpah Pemuda tahun 2023, yaitu “Bersama Majukan Indonesia”.

sumber gambar dokpri

Ajang ETOILES DE PARIS sendiri diikuti oleh sebanyak 110 grup dari berbagai negara di dunia, diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Lithuania, Armenia, Ukraina, Slovakia, Bulgaria, dan Kroasia.

Kepala SMP Labschool Jakarta, Drs. Asdi Wiharto menyampaikan rasa bangga dan suka cita dalam keberhasilan Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta di ajang bergengsi tingkat internasional.

“Pihak sekolah mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim atas kerja keras dan bakat hebat. Keberhasilan yang diraih bukan hanya kebanggaan bagi Labschool, namun juga bagi Indonesia. Semangat yang dibawakan dalam wujud Tari Kedok Tiga merupakan cerminan dari semangat Profil Pelajar Pancasila yang digaungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”

Lebih lanjut, Asdi menyatakan harapannya bahwa ajang yang diikuti merupakan upaya memupuk rasa kecintaan kepada budaya bangsa.

“Dengan menjunjung kebudayaan lokal Tim MAJU Misi Budaya, maka diharapkan rasa cinta akan budaya lokal dan bangga berbudaya di kancah internasional semakin meningkat.”

Guru pendamping Tim MAJU Misi Budaya, Dyah Wysnuningrum, M.Pd, menyatakan tim akan lanjut menyebarkan budaya khas Betawi ke ajang lain, dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu Berkebhinekaan Global.

“Selain mengikuti ajang di Perancis, Tim MAJU Misi Budaya SMP Labschool Jakarta akan mengikuti Festival Internasional di Republik Ceko bertajuk “XXXIV International Folklore Festival in Prague” untuk menampilkan tarian khas Betawi lainnya sebagai usaha anak-anak mengenalkan budaya Betawi di kancah Internasional.”

Demikianlah kisah Omjay kali ini tentang berita gembira dari SMP Labschool Jakarta. Salut dengan anak-anak Labschool yang sellau membawa nama harum Indonesia di dunia internasional. Narahubung kegiatan misi budaya ini adalah bapak Trezadigjaya, S.Pd.,M.Si, Wakil Kepala SMP Labschool Jakarta.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “SMP Labschool Jakarta Menjadi Juara Umum Dalam Misi Budaya di Kota Paris, Perancis”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/6543184dedff76038d0e29b2/smp-labschool-jakarta-menjadi-juara-umum-dalam-misi-budaya-di-kota-paris-perancis

Kreator: Wijaya Kusumah

 

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan