Catatan Asesor Akreditasi Hari Ke 23: Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu

Terbaru165 Dilihat

Konsep Dasar IASP 2020

Oleh: Supyanto

Selamat datang Ibu dan Bapak pengelola pendidikan yang hebat! Bagaimana kabarnya hari ini? mudah-mudahan sehat selalu. Pada kesempatan yang baik ini kita masuk pada sesi ketiga pembahasan Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu.

Pembahasan kali ini akan kita fokuskan kepada pembahasan Instrumen Akreditasi Satuan Pendiidkan (IASP) yang kita kenal IASP 2020. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama-sama.

IASP2020 penekanannya diberikan kepada kinerja (performance) satuan pendidikan ketimbang pemenuhan persyaratan administratif (compliance). Tentu ini sangat berbeda dengan instrumen akretasi sebelumnya yang lebih mengutamakan syarat administrasi. IASP2020 difokuskan pada kinerja satuan pendidikan berupa empat komponen utama yaitu:

  1. mutu lulusan,
  2. proses pembelajaran,
  3. mutu guru, dan
  4. manajemen sekolah

ini menunjukkan pergeseran dari compliance ke performance; dari rules ke principles dengan tetap mempertimbangkan standar nasional pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sekali lagi, penekanan IASP 2020 diberikan kepada mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah. Mutu lulusan merupakan hasil dari proses pembelajaran, mutu guru, yang didukung oleh manajemen sekolah yang efektif dan efisien.

Untuk lebih mendalami IASP 2020 perhatikan sebaran komponen menjadi sub-komponen, termasuk butir untuk setiap jenjang sekolah pada tabel berikut:

 

Tabel 1. Sebaran Komponen dan Subkomponen IASP2020

No.

KOMPONEN

SUB-KOMPONEN BUTIR INTI (SEMUA JENJANG) BUTIR KEKHUSUSAN
SD/MI SMK/MAK SLB
1 Mutu Lulusan Karakter Siswa 4
Kompetensi Siswa 6 1 1
Kepuasan Pemangku Kepentingan 1 1
2 Proses Pembelajaran Kualitas Pembelajaran di Kelas dan di Luar Kelas 3 2 1
Iklim Belajar di Kelas 3
Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran 1
3 Mutu Guru Kompetensi Guru 1 1
Pengembangan Profesi Guru 2 1
Inovasi dan Kreativitas Guru 1
4 Manajemen Sekolah/Madrasah Pencapaian Visi dan Misi 1
Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah 1
Kepemimpinan Kepala Sekolah/Madrasah 1
Budaya Sekolah/Madrasah 2
Pelibatan Masyarakat 1 1 1
Pengelolaan Kurikulum 1 1
Pengelolaan Sarana dan Prasarana 1 2
Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan 1 1 1
Pengelolaan Pembiayaan 1
Pengelolaan Kesiswaan 2
Penjaminan Mutu Internal 1
JUMLAH 35 1 9 5

 

Dari tabei di atas terlihat sebaran dari komponen menjadi sub komponen, termasuk komponen inti yang berlaku untuk semua jenjang sekolah, dan butir kekhususan yang hanya berlaku untuk jenjang tertentu. Untuk lebih rincinya kami sajikan sebaran dari sub komponen menjadi butir instrumen sebagai berikut:

  1. Komponen Mutu Lulusan

Jumlah butir komponen Mutu Lulusan adalah 14 (empat belas) yang terdiri atas 11 (sebelas) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 12 dan 13. Satu butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 4. Indikator selengkapnya komponen Mutu Lulusan disajikan dalam tabel 2

Tabel 2 Penyebaran Butir IASP2020 Mutu Lulusan

1 Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sekolah/madrasah dalam berbagai situasi
2 Menunjukkan perilaku religius
3 Menunjukkan perilaku kerja keras dan tanggung jawab
4 Mencegah perundungan (bully)
5 Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek berkomunikasi
6 Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek kolaborasi (bekerja sama)
7 Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah
8 Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek kreativitas dan inovasi
9 Menunjukkan ekspresi diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.
10 Menunjukkan Peningkatan Prestasi Akademik
11 Memuaskan pemangku kepentingan
12 Memiliki kompetensi sesuai program keahliannya.
13 Menunjukkan daya serap lulusan di dunia kerja/wirausaha.
14 Menunjukkan kemampuan program kebutuhan khusus sesuai dengan jenis kekhususannya.

 

  1. Komponen Proses Belajar

Jumlah butir komponen Proses Belajar adalah 10 (sepuluh) yang terdiri atas 7 (tujuh) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 8 dan 9. Satu butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 10. Indikator selengkapnya komponen Proses Belajar disajikan dalam tabel 3.

Tabel 3 Penyebaran Butir IASP2020 Proses Belajar

1 Melaksanakan pembelajaran yang efektif
2 Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar serta menggunakan hasilnya sebagai dasar perbaikan program berikutnya.
3 Melaksanakan remedial dan/atau pengayaan
4 Menunjukkan partisipasi aktif dalam belajar
5 Menunjukkan budaya literasi membaca dan menulis.
6 Memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar.
7 Menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, bersih, dan memudahkan siswa untuk belajar.
8 Menyelenggarakan unit produksi/business center/technopark.
9 Melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL)
10 Melaksanakan pembelajaran secara individu (Individualized education program)

 

  1. Komponen Mutu Guru

Jumlah butir komponen Mutu Guru adalah 6 (enam) yang terdiri atas 4 (empat) butir inti dan, 2 (dua) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 5 dan 6. Indikator selengkapnya komponen Manajemen Sekolah/madrasah disajikan dalam tabel 4.

Tabel 4 Penyebaran Butir IASP2020 Mutu Guru

1 Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2 Melakukan evaluasi diri, refleksi dan perbaikan kinerja.
3 Melakukan pengembangan profesi berkelanjutan.
4 Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif
5 Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu
6 Melakukan pelatihan asesor kompetensi atau magang di dunia kerja.

 

  1. Komponen Manajemen Sekolah/Madrasah

Jumlah butir komponen Manajemen Sekolah/madrasah adalah 20 (dua puluh) yang terdiri atas 13 (tiga belas) butir inti dan, 4 (empat) butir untuk kekhususan sekolah menengah kejuruan dengan nomor urut indikator 14, 15, 16, dan 17. Sejumlah 3 (tiga) butir untuk kekhususan sekolah luar biasa dengan nomor urut indikator 18, 19, dan 20. Indikator selengkapnya komponen Manajemen Sekolah/madrasah disajikan dalam tabel 5.

Tabel 5 Penyebaran Butir IASP2020 Manajemen Sekolah/Madrasah

1 Mengimplementasikan visi, misi dan tujuan sekolah/madrasah.
2 Menunjukkan kompetensi supervisi akademik.
3 Mempraktikkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, partisipatif, kolaboratif, transformatif dan efektif.
4 Membangun komunikasi dan interaksi antara warga sekolah/madrasah, orang tua, dan masyarakat yang harmonis.
5 Menunjukkan budaya bersih, indah, aman dan tertib.
6 Melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan.
7 Mengelola implementasi kurikulum secara sistematis, prosedural, dan efektif.
8 Menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien dan akuntabel
9 Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah.
10 Mengelola anggaran pendapatan dan belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan
11 Melakukan pembinaan kesiswaan
12 Melakukan pelayanan Bimbingan dan Konseling
13 Melaksanakan penjaminan mutu internal secara berkala.
14 Membangun jejaring/kerja sama dengan pemangku kepentingan.
15 Menggunakan prasarana praktik yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa.
16 Menggunakan sarana yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa.
17 Melakukan pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK).
18 Melibatkan orang tua dalam kegiatan asesmen awal untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
19 Melakukan adaptasi/modifikasi kurikulum sesuai kebutuhan siswa berbasis asesmen
20 Melibatkan tenaga ahli/profesional untuk mendukung efektivitas pelaksanaan pembelajaran (psikolog/dokter/paramedis/terapis)

 

Dari sebaran tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk butir inti belaku untuk semua jenjang pendidikan yaitu berjumalah 35 butir instrumen. Untuk SD/MI terdapat 1 butir kekhususan sehingga jumlahnya menjadi 36 butir. Untuk SMP/ MTs dan SMA/MA tidak ada penambahan butir kekhususan. Untuk SMK/MAK terdapat penambahan 9 instrumen kekhususan sehingga berjumlah 34 butir instrumen, dan Untuk SLB terdapat 5 butir kekhususan sehingga berjumlah 39 butir instrumen.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP2020), semoga menambah wawasan dan menjadi bahan masukan bagi Ibu dan Bapak yang sekolahnya akan diakreditasi. Semoga bermanfaat.

 

Bekasi, 23 Februari 2021

Salam Blogger

 

Supyanto

Tinggalkan Balasan