Saringlah Setiap Informasi

Banyak informasi bertebaran disekitar kita, baik melalui berita maupun sosial media. Kita harus mampu menyaringnya mana yang bermanfaat dan mana yang hoaks.

Menurut Michael Hyatt dalam bukunya, terdapat tiga hal yang membentuk karakter seseorang, yaitu: kebiasaan yang kita lakukan, hubungan dengan orang-orang sekitar kita, serta hal-hal yang kita lihat dan dengar. Seringkali kita menganggap sepele tentang apa yang kita lihat dan dengar. Bahkan tidak menyadari kalau apa yang kita lihat dan dengar sehari-hari sangat  mempengaruhi karakter kita. Melalui  begitu banyak informasi yang kita lihat melalui ranah digital, atau pembicaraan sehari-sehari dalam pergaulan yang kita dengar, hidup kita dipengaruhi oleh  nilai-nilai yang kita terima dalam keseharian kita tanpa kita sadari.

Apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar secara bertahap akan masuk ke  dalam alam bawah sadar kita, dan akan mempengaruhi karakter kita. Jika perkataan positif yang kita dengar setiap harinya, maka lama kelamaan kita akan menjadi orang yang optimis, yang memiliki sikap yang membangun dan selalu positif. Sebaliknya, jika kata-kata yang kita dengar selalu bersifat negatif, kita akan menjadi orang yang pesimis, berkata-kata kasar, mudah marah, atau bahkan mempengaruhi orang lain agar menjadi lemah melalui  perkataan atau tindakan kita. Jagalah hati kita dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan kita.

Pastikan apa yang masuk ke dalam hidup kita bersifat membangun. Oleh karena itu, mulailah memperhatikan bacaan atau film yang kita konsumsi setiap harinya, kata-kata yang masuk lewat pergaulan sehari-hari. Biarlah hanya hal-hal positif saja yang kita terima melalui segala yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Karena semua itu akan membentuk karakter kita dan terpancar melalui tindakan kita.

Apakah keseharian Anda sudah diisi dengan hal-hal yang positif?   Apa saja langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuang hal-hal negatif dari hidup Anda ? Lakukan aktivitas yang bermanfaat seperti membaca buku, memilih film yang bermutu, mendengar podcast yang memotivasi.

Anda harus benar-benar menyaring segala yang Anda lihat atau dengar sebaik-baiknya.

Tangerang Selatan, 12 September 2021.

@sg

Tinggalkan Balasan