INTRAKURIKULER DAN KOKURIKULER
Oleh Oki Siwi
Dalam manajemen sekolah biasanya ada tiga kegiatan pokok yang saling mendukung dan melengkapi. Intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler adalah tiga kegiatan yang di rancang terpisah namun punya fungsi, maksud serta tujuan yang saling menyempurnakan visi dan misi sebuah sekolah. Ketiganya dibuat sebagai bagian yang tidak terpisahkan namun secara struktur punya rancangan dan panduan yang berbeda.
Intrakurikuler adalah kegiatan utama dalam struktur kurikulum sekolah. Di dalamnya tersusun program kurikulum mata pelajaran yang terstruktur, berjenjang dan terukur sesuai dengan amanat dan tujuan pendidikan nasional. Masing-masing tingkatan pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA bahkan Universitas memiliki program intrakurikuler yang berbeda. Setiap jenjang akan merancang kurikulum dengan inti pembelajaran dikelas dengan jam pelajaran tertentu dan mata pelajaran yang diperuntukan pada jenjang tingkatan tersebut.
Intrakurikuler dibuat sesuai kurikulum dengan fokus menyelesaikan dan memberikan pelayanan pendidikan dikelas oleh guru mata pelajaran. Pembagian jam mengajar, jadwal, materi dan target capaian penilaian yang akan diambil harus dibuat diawal sebelum pembelajaran. Mengingat sangat pentingnya kegiatan intrakurikuler ini sehingga semua guru mata pelajaran yang terlibat didalam harus juga membuat program agar semua pelajaran yang akan diajarkan tersusun dengan baik. Sehingga hasil akhir terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan penilaian yang baik tanda proses belajar berjalan dengan baik.
Proses transfer ilmu di dalam kelas adalah inti dari kegiatan intrakurikuler. Dalam kelas kegiatan yang telah dirancang guru mata pelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus dapat diwujudkan. Pelaksanaan kegiatan tersebut tentunya harus dapat terukur dengan batasan materi serta waktu tertentu. Yang terkadang dengan padatnya materi serta waktu yang juga terbatas perlu adanya kegiatan pelengkap.
Kokurikuler adalah kegiatan tambahan diluar kegiatan intrakurikuler. Kokurikuler sebagai kegiatan pendalaman, penguatan dan pengayaan baik didalam maupun diluar sekolah. Guru mata pelajaran yang mengawal kegiatan ini namun tidak pada jam pelajaran intrakurikuler. Waktu dan tempat yang lebih leluasa sehingga diharapkan dapat membantu pencapaian kegiatan pembelajaran agar tujuan tercapai.
Kokurikuler sebagai kegiatan penunjang intrakurikuler harus selaras dan berkesinambungan. Keduanya saling terhubung oleh capaian materi namun kegiatan kokurikuler dapat juga dirancang untuk penguatan antar mata pelajaran bahkan antar jenjang kelas yang berbeda. Kegiatan tambahan kokurikuler diharapkan dapat memberikan keleluasaan dalam memberikan peningkatan kompetensi peserta didik.
Berbeda dengan kedua kegiatan diatas kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang lebih memfokuskan pada pencapaian dan pengembangan minat dan bakat peserta didik diberbagai bidang. Kegiatan diluar jam belajar kelas dengan jadwal, pelatih dan pembina tersendiri. Memaksimalkan ketiga kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang dapat bersaing dan sukses dikehidupannya di masa yang akan datang.
Jakarta, 23 Januari 2022
Hari Minggu-7
30HariMenulis