EVALUASI

Terbaru0 Dilihat

EVALUASI

Oleh Oki Siwi

Dalam melakukan sesuatu siklus yang biasa dilakukan adalah persiapan awal, pelaksanaan dan evaluasi penutupan. Tiga tahapan yang punya peran penting terhadap berhasil atau tidaknya suatu kegiatan. Dalam melakukan kegiatan sebaiknya setiap tahapan dipersiapan dengan baik dan benar. Kegiatan sehari-hari dirumah pun sepertinya mengikuti langkah-langkah ini. Bagi para ibu misalnya pagi-pagi pasti sudah mulai merancang sarapan. Persiapan awal biasanya menentukan menu yang akan dimasak lalu belanja dan mempersiapan bahan-bahannya. Setelah semua bahan siap saatnya pelaksanaan. Mulailah memasak bahan-bahan sesuai dengan menu yang telah direncanakan. Setelah berproses, tiba saatnya evaluasi penutupan. Sarapan yang telah ditata di meja akan dimakan bersama. Evaluasinya beberapa komentar tentang rasa masakan yang dimakan dari para anggota keluarga. Ditutup dengan habisnya makanan dan ucapan terima kasih ma enak sarapannya. Senang rasanya, makanan habis, hati bahagia karena ucapan dan perut kenyang.

Tahapan pesiapan awal suatu kegiatan, baik itu kegiatan di tempat kerja maupun di rumah membutuhkan perencanaan. Tentukan terlebih dahulu tujuan dari kegiatan yang akan dicapai. Setelah tujuan ditentukan lakukan berbagai persiapan untuk menunjang suksesnya rencana. Persiapan bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Libatkan orang lain agar lebih mudah dan kita terbantu. Mengajak dan meminta bantuan orang lain baik itu keluarga, teman atau atasan sekalipun bisa dilakukan. Usahakan mereka tahu betul tujuan yang kita inginkan dan berikan arahan yang jelas agar tidak terjadi kesalahan karena komunikasi yang kurang baik.

Tahapan pelaksanaan adalah inti dari semuanya. Saat berlangsungnya rencana harus tetap tenang. Sudah harus disiapkan mental jika ada hal-hal yang tidak sesuai rencana awal terjadi. Tidak usah panik. Cari solusi tercepat dan terbaik walaupun mungkin ada resiko lain yang harus ditanggung nanti. Belajarlah kreatif dalam menyelesaikan permasalah yang mungkin dihadapi saat proses pelaksanaan berlangsung. Kekompakan dan kerja keras dari bantuan rekan atau orang disekitar kita harus dipercayai. Yakinlah dengan orang-orang yang ada disekitar dan mau membantu agar beban tidak terlalu besar kita rasakan. Doa selalu agar Allah menjaga dan melancarkan hajat kita.

Evaluasi penutupan sebagai akhir dari sebuah rencana kegiatan. Tahapan terakhir yang juga penting sebagai bahan evaluasi. Menilai berhasil atau tidaknya suatu hal banyak faktor yang mempengaruhinya. Acuan dan standar yang digunakan untuk menilai bisa ditentukan dengan berbagai cara. Siapa yang menilaipun bisa dilakukan oleh siapa saja sesuai dengan tujuan dari kegiatan itu sendiri. Ingatlah bahwa untuk meraih kesempurnaan itu sulit jadi jangan terlalu berat memberikan penilaian terutama untuk diri sendiri. Jika kita telah berusaha dengan maksimal namun hasilnya belum sempurna jangan bersedih. Jadikan sebagai pengalaman untuk kedepannya lebih baik lagi. Jika hasil akhir adalah kesuksesan bersyukur yang utama, rayakan serta berbagi segala ilmu, bakat dan keterampilan yang membuat kita berhasil dengan orang lain. Dengan begitu kita akan mendapat lebih banyak berkah. Alhamdulilah. Selesai.

Jakarta, 25 Februari 2022

Hari ke 30

30HariMenulis

Tinggalkan Balasan