Gokhale dalam Tim Robert (2003:2) mendefinisikan bahwa “collaborative learning” mengacu pada metode pengajaran di mana siswa dalam satu kelompok yang bervariasi tingkat kecakapannya bekerjasama dalam kelompok kecil yang mengarah pada tujuan bersama.
Belajar kolaboratif menuntut adanya modifikasi tujuan pembelajaran dari yang semula sekedar penyampaian informasi menjadi konstruksi pengetahuan oleh individu melalui belajar kelompok.
Dalam belajar kolaboratif, tidak ada perbedaan tugas untuk masing-masing individu, melainkan tugas itu milik bersama dan diselesaikan secara bersama tanpa membedakan percakapan belajar siswa.
Siswa diharapkan untuk aktif menulis (student centered) pada pembuatan dan pengelolaan blog di internet. Indikator yang terlihat dari Collaborative Action Research (CAR) ini adalah terupdate-nya blog siswa dengan tulisan-tulisan kreatif yang memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pembacanya. Di sanalah terlihat keterampilan menulis siswa.