Celoteh Nyakbaye, Ragam Hidup

Kais pagi makan pagi, mungkin cocok untuk istilah buruh kasar yang mendapatkan upah perhari. Tentu kinerja buruh seperti ini harus menunjukkan loyalitasnya setiap hari, bahasa kasarnya banting tulang untuk mendapatkan upah besar.

Jadi teringat kejadian tadi pagi, baru saja teman sejawatnya Nyakbaye masuk kerja setelah dua hari kemaren tidak hadir karena sakit. Mungkin karena tanggung jawab sehingga setelah dua hari tidak masuk kerja, pas masuk kerja,  kerjanya diporsir sehingga hari ini Nyakbaye mendapatkan kabar bahwa dirinya, hari ini terpaksa tidak masuk dan kabar yang menyesakkan dada besok jumat tanggal 15 April 2022 harus dioperasi, berita operasi inilah yang menyesakkan dada Nyakbaye.

Sungguh miris, jika seandainya semua sikap semua pekerja seperti ini mungkin tidak ada yang namanya curi tulung bahasa orang kampung Nyakbaye alias malas. Kadang alasan sakit sering kali digunakan untuk menghidari pekerjaan yang diberikan sungguh miris tapi inilah kehidupan beragam kejadian yang kita jumpai setiap harinya. Sebenarnya Nyakbaye sudah mengingatkan dirinya, tidak perlu lembur walaupun dua hari yang lalu sakit, karena pada dasarnya kerja tim,  jika ada yang sakit tentu ketika dia masuk tidak mungkin kita memaksaan teman yang sakit menganti jam kerjanya sewaktu tidak hadir. Tapi setiap individu punya hak untuk tidak mendengarkan pendapat orang lain, dan ini Nyakbaye sesalkan karena berita hari ini sungguh membuat hati Nyakbaye terasa sakit, secara tidak langsung kami tim bersalah karena membuat kambuh lagi sakitnya.

Semoga teman Nyakbaye yang sakit diangkat sakitnya dan dipermudah segala urusannya serta ini mejadi pelajaran bagi kita bahwa loyalitas dalam bekerja jangan sampai melalaikan kesehatan.

Umur bertambah berarti kesehatan harus diutamakan, bukan berarti Nyakbaye mengatakan curi tulang alias malas itu boleh, tentu tidak. Bekerjalah  sesuai porsi dan tupoksi kerja kita, berarti kita sudah loyal terhadap pekerjaan yang diberikan. Cepat sembuh dan bergabung kembali.***

 

Tinggalkan Balasan