“Selalu ada hal menakjubkan ketika kita berani mencoba hal-hal baru.” – ditta
Hari ini, saya meminta anak-anak yang saya ajar untuk membawa HP. Sebelumnya, saya izin ke wali kelas dan Wakasek Kesiswaan. Maklum, sekolah saya termasuk yang menerapkan peraturan siswa tidak boleh membawa HP ke sekolah.
Saya sudah merencanakan pembelajaran berbasis game. Memanfaatkan game yang sudah tersedia di wordwall berjudul Sistem Gerak Pada Manusia karya Anasetyawan72. Dengan tampilan Open the Box, game ini menampilkan 20 box pertanyaan.
Peserta bebas memilih kotak mana yang akan dibuka terlebih dahulu. Setiap box berisi 1 pertanyaan pilihan ganda. Waktu untuk menjawab setiap box salah 30 detik. Jika berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat, box akan terbuka. Namun, jika salah dan waktu masih tersedia, peserta bisa membuka box lain.
Beberapa hal positif yang saya dapatkan adalah bahwa anak-anak yang memiliki HP dapat belajar untuk berbagi, meminjamkan HP kepada temannya yang tidak bawa HP secara bergiliran. Saya pun turut meminjamkan HP saya untuk dipakai oleh anak yang tidak bawa.
Dari game ini, saya meminta setiap anak mencoba. Tapi ada juga ternyata yang setelah mencoba sendiri-sendiri lalu mengerjakan secara tim. Mereka berkolaborasi menjawab pertanyaan-pertanyaan. Hasilnya? Nilai yang mereka peroleh meningkat!
Saya mengizinkan anak-anak untuk mengulang game sehingga seluruh pertanyaan bisa dieksplorasi. Ternyata cukup sekali dua kali saja mengingatkan, anak-anak dengan sendirinya semangat untuk mencoba dan mencoba lagi. Mereka bahkan bertepuk tangan atau berteriak girang ketika berhasil menjawab dengan tepat.
Hal lainnya adalah … ternyata anak yang tidak bawa hp dan bahkan tampak biasa saja saat pembelajaran, meraih nilai tinggi saat bermain game ini. Luar biasa!
Saya jadi semakin semangat menerapkan pembelajaran berbasis game. Walau digunakan sesekali, sepertinya ini akan berdampak positif. Masih harus saya pastikan dengan empat kelas lainnya. Semoga hasilnya baik juga. Aamiin.