Tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia

Terbaru0 Dilihat

Nama: Stevany Angely Siwi
Kelas: 27 a
NIM: 20037

TANGGUNG JAWAB SAYA SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA
SAYA CINTA INDONESIA

Setiap masyarakat memiliki tanggung jawab dalam membangun dan mengembangkan negaranya dan juga masyarakat memiliki hak masing-masing didalam negara tersebut. Tapi apasih keuntungan yang kita peroleh dalam membangun negara, masyarakat bisa bersosialisasi dengan mudah jika melakukan tanggung jawab dalam membangun negara.

Dalam membangun negara, kita sebagai masyarakat harua menghargai hak” orang lain.Dan Tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia? Saya sebagai warga negara indonesia memiliki tanggung jawab yang besar untuk negara ini agar Indonesia menjadi negara yang makmur.

Saya sebagai warga negara Indonesia harus ikut serta dalam membangun Indonesia karena jika tidak negara ini tidak akan ada. Maka dari itu saya harus memiliki rasa persatuan dan kesatuan agar tidak ada perpecahan diantara masyarakat” lain. Dan juga menciptakan solidaritas dalam lingkungan masyarakat.

Kewajiban masyarakat harus berpartisipasi dalam membangun negara Indonesia seperti, menaati peraturan dalam ketetapan undang-undang, sebagai warga negara juga harus tetap menjunjung tinggi nilai pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari agar terciptanya masyarakat yang membangun negara Indonesia.

Kita juga sebagai warga negara harus membayar pajak dengan rajin. Jika tidak sumber penghasilan untuk negara ini tidak ada. Membayar pajak juga dapar memperbaiki sistem ekononi imdonesia seperti, membangun infrastruktur (pembangunan jalan tol dapat mempermudah akses perjalanan).

Dalam membangun negara masyarakat harus menciptakan toleransi, jika tidak ada toleransi hubungan dalam bersosialisasi akan hancur dan menciptakan konflik sosial (kriminalisasi). Maka dari itu sebagai masyarakat harus menciptakan lingkungan hidup yang selaras dan seimbang.

Dan juga kita sebagai masyarakat harus menciptakan keamanan di lingkungan masyarakat dan ikut serta dalam pemilihan umum, agar negara ini memiliki pemimpin yang baik dalam membangun negara Indonesia. Maka dari itu tanggung jawab masyarakar sangat penting dalam membangun negara.

 

Tinggalkan Balasan