Bangsa Indonesia Menyatakan Kepercayaannya dan Ketakwaannya Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Hallo teman- teman ,apakah kalian masih suka membaca cerita atau artikel ?kali ini saya akan membahas  tentang contoh dalam kehidupan sehari – hari yang mencerminkan pancasila ke-1 yaitu  “Ketuhanan Yang Maha Esa”.apa itu takwa? takwa berarti taat atau mematuhi peraturan yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai orang muslim harus mematuhinya.

mengapa kita warga indonesia harus  menerapkan nilai-nilai pancasila  dalam kehidupan sehari-hari?karena  pancasila merupakan Dasar Negara yang menjadi sumber nilai dan moral dalam berperilaku baik bagi masyarakat indonesia juga bagi pemerintah dalam menjalankan wewenangnya menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

contoh mengenai hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengamalkan sila pancasila ke-1 yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa.

  • Beribadah dan berdoa.

apa itu ibadah?ibadah adalah suatu kegiatan yang dilakukan semua umat beragama untuk merendah serta tunduk kepada-Nya. beribadah memang susah dilakukan oleh seseorang yang tidak bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,maka dari itu marilah kita lakukan kegiatan beribadah setiap watu dan jadikanlah ibadah itu menjadi sesuatu kebiasaan.

ibadah yang di maksud disini yaitu buka hanya sholat 5 waktu tapi kita bisa beribadah melalui bersedekah ataupun membantu teman kita yang sdang kesusahan,menjalankan sholat 5 waktu bisa dilakukan dimanapun kapanpun apalagi sekarang masjid,mushola atau tempat ibadah yang lainnya sudah berada dimanapun  jadi kita tidak boleh lalai menjalankan sholat 5 waktu.

kemudian bersedekah ,kita juga harus bersedekah sebagaimana yang sudah di perintahkan oleh allah SWT,dengan adanya kita bersedekah tidak akan menjadika kita miskin tetapi kita akan merasa tercukupi kehidupannya baik itu berupa uang atau makanan.

dan membantu teman ,sodara,atau kerabat.sebagai manusia yang berguna bagi bangsa,negara dan agama kita harus saling membantu satu sama lain tanpa kita membeda-bedakan baik itu suku,ras,ataupun agama.Dalam kehidupan kita sehari-hari  contohnya kita membantu teman yang sedang kesusahan di sekolah dia lupa membawa uang saku kita harus berbagi kepadanya .

sekian mungkin itu bisa memperbaiki kehidupan kita yang mungkin masih abai terhadap ketakwaan dan kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.mungkin itu saja mengenai sikap -sikap yang mencerminkan dari nilai pancasila ke-1 “Ketuhanan Yang Maha Esa”.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menulis atau perkataan yang kurang berkenan dihati pembaca.

terimakasih kalian sudah meluangkan  waktu untuk membaca sedikit tentang sila dan salah satu  butir pancasila ,semoga apa yang telah saya tulis bisa menambah sedikit ilmu bagi para pembaca ,mungkin sampai di sini, sampai bertemu di artikel saya berikutnya

penulis ; @aif_fathul_kh

Tinggalkan Balasan