Tanggung Jawab Saya Sebagai Warga Negara Indonesia (Saya Cinta Indonesia)

Tanggung jawab sebagai warga negara indonesia merupakan kesadaran manusia akan tinggah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.tanggung jawab sudah menjadi bagian dari kehidupan kita masing-masing.bila kita tidak mau tanggung jawab maka pihak lain akan memaksa kita untuk bertanggung jawab.
Setiap warga negara indonesia tentunya terikat dalam berbagai aturan,hukum,dan norma yang berlaku.dan menjadi warga negara indonesia harus lebih menghargai orang lain dan lebih mencintai negaranya sendiri contohnya seperti mencintai produk lokal atau makanan khas dari indonesia itu sendiri.kita harus bangga menjadi warga negara indonesia.
Tanggung jawab saya sebagai warga negara indonesia dapat di lakukan seperti memenuhi hak dan kewajiban saya contohnya seperti: Belajar,menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara,menjaga persatuan dan kesatuan,melaksanakan tata tertib lalu lintas,melaksanakan pancasila,patuh kepada peraturan undang-undang dasar 1945,saling menghargai satu sama lain,saling tolong menolong antar sesama warga tanpa membedakan perbedaan,tidak membuang sampah sembarangan.
Dan kita juga wajib untuk menjalankan hak dan kewajiban kita secara bersamaan atau seimbang karna kita sudah tinggal di negara indonesia berarti kita wajib mengikuti aturan yang sudah ada.
Tanggung jawab kepada diri sendiri itu juga penting supaya kita juga tau bahwa hidup juga memiliki tanggung jawab, seperti saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya,menjaga lingkungan supaya tetep bersih dan tidak ada sampah.
Dan kita juga harus menerapkan pancasila dikehidupan kita.pancasila sebagai nilai luhur bangsa tidak hanya cukup dihafalkan,namun harus diamalkan dalam wujud sikap dan perilaku yang baik.
Bangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa,agama,dan bahasa. kita sebagai warga negara bangsa indonesia harus bangga menjadi orang indonesia, karna kita dilahirkan dan dibesarkan dinegara yang penuh persatuan dan kesatuan.bagiku indonesia negri yang paling banyak mengajarkan apa arti saling menghormati dan menghargai antar sesama ras,agama,dan suku bangsa.


Tinggalkan Balasan