Pahlawan bangs 

ASYA ZUHRI MAYLINDA

KELAS 1A KEPERAWATAN

  • Pahlawan adalah orang yang sangat berjasa bagi orang lain. Mereka rela mengorbankan harta bahkan jiwa mereka untuk kebaikan orang lain. Tidak hanya itu, pahlawan adalah orang – orang berani dan tidak pernah berharap imbalan atau sanjungan dari orang lain. Mereka hanya berharap bisa membantu orang lain dan membuat kehidupan menjadi lebih baik.

    Negeri kita memiliki para pahlawan yang sangat berjasa bagi bangsa ini. Mereka bukanlah pahlawan – pahlwan yang memiliki kekuatan super seperti yang ada di komik – komik, tetapi mereka adalah putra – putri bangsa yang telah gugur demi merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Mereka itulah pahlawan nasional kita. Tanpa adanya mereka mungkin kita semua masih berada dalam belenggu penjajahan. Tanpa mereka juga mungkin tidak ada Indonesia, tanpa mereka pula mungkin saat ini tidak ada bangsa Indonesia.

    Mereka dengan gagah berani mengangkat senjata melawan para penjajah. Meskipun mereka tahu bahwa mereka kalah akan persenjataan dan taktik perang. Tetapi ada satu penyemangat yang menghacurkan fakta bahwa kita kalah dalam hal persenjataan dan taktik perang. Semangat itu adalah semangat persatuan dan keinginan untuk merdeka.

    Dengan bermodalkan semangat itu, mereka bergerilya dari satu tempat ke tempat lain, bertempur siang dan malam, diserang dari darat, udara, dan laut. Hingga akhirnya kemerdekaan itu kita dapatkan dan masih bisa kita nikmati hingga saat ini.

    Masih ingatkah kita dengan persitiwa 10 November beberapa puluh tahun lalu ? Peristiwa itu adalah peristiwa heroik di mana para pejuang kita banyak yang gugur demi mempertahankan kota Surabaya. Meskipun mereka digempur habis – habisan, para arek – arek Surabaya tidak gentar mengusir para penjajah di Indonesia. Meskipun kalah, tetapi apa yang telah dilakukan oleh arek – arek Suroboyo pada saat itu mengguncang semangat seluruh para pejuang bangsa untuk mempertahankan Indonesia.

    Banyak sekali para pahlawan yang telah gugur seperti Jenderal Sudirman, Komodor Yos Sudarso, Supriyadi, dan masih banyak lagi yang tidak diketahui namanya. Meskipun mereka telah tiada, tetapi nama mereka tetap abadi dan harum selamanya.

    Oleh karena itu, kita harus menghormati jasa – jasa para pahlawan kita yang telah gugur karena tanpa adanya mereka kita mungkin tidak bisa menikmati kemerdekaan ini. Selain itu, dalam momentum hari pahlawan nasional yang jatuh pada hari ini, marilah kita tumbuhkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban terhadap bangsa ini agar apa yang para pahlawan telah perjuangkan tidaklah sia – sia.

Tinggalkan Balasan

News Feed